Tips Meningkatkan Kesuburan Suami Istri

Tips Meningkatkan Kesuburan Suami Istri

Naviri.Org - Setiap pasangan pastinya menginginkan datangnya buah hati untuk mengisi hari-hari, dan meramaikan rumah tangga mereka. Dalam hal tersebut, kesuburan adalah salah satu faktor penting yang berperan terhadap kehamilan.

Berikut ini adalah tip yang mudah dilakukan dalam hal meningkatkan kesuburan.

Tingkat kesuburan berhubungan dengan berat badan. Karenanya, pria atau wanita yang kegemukan perlu menurunkan berat badan apabila ingin merencanakan kehamilan.

Rajinlah berolahraga dengan melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan, agar tetap fit—seperti jogging, jalan kaki, berenang, dan lain-lain.

Batasilah konsumsi kopi dan produk makanan atau minuman lain yang mengandung kafein.

Konsumsilah makanan yang kaya mineral, seperti shellfish, sarden, udang, unggas, daging tak berlemak, keju, telur, beras merah, dan hati, karena dapat meningkatkan produksi sperma.

Sebaiknya, konsumsilah makanan kesuburan sejak masa pra-konsepsi (sebelum hamil). Fokus utama pra-konsepsi adalah memprioritaskan asupan zat gizi, antara lain asam folat, zat besi, vitamin C, vitamin E, vitamin B6, seng, selenium, dan kalsium.

Kurangilah konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, dan tingkatkan makanan yang mengandung lemak jenuh tunggal, seperti zaitun dan olive oil.

Hindari lemak trans, karena dapat menimbulkan terjadinya penimbunan plak pada pembuluh darah, yang berakibat menjadikan aliran darah ke organ vital terhambat.

Hindari gula murni dan makanan yang sudah diawetkan atau diproses, karena kandungan esensial vitamin dan mineralnya rendah, tapi tinggi kalori. Hal ini dapat menggemukkan, dan berisiko pada kesuburan.

Hindari rokok dan asap rokok, karena dapat menyebabkan kekentalan darah. Selain itu, zat nikotin pada rokok berpengaruh pada hemoglobin, sehingga fungsi hemoglobin dalam membawa oksigen ke organ vital akan menurun. Kondisi tersebut dapat mengurangi potensi kesuburan, baik pada pria maupun wanita.

Sehubungan dengan masalah kesuburan, sebuah penelitian di Amerika menyebutkan bahwa alergi dan hipersensitif memiliki pengaruh pada masalah kesuburan seseorang. Hal ini terjadi karena alergi dan hipersensitif disebabkan karena sistem imun yang tidak baik, dan sistem imum yang tidak baik tersebut dapat menyebabkan terjadinya masalah pada kesuburan seseorang.

Pada umumnya, alergi muncul pada waktu tubuh dan pikiran sedang dalam keadaan tidak fit, ketika fungsi tubuh dan pikiran tidak berjalan sebagaimana mestinya. Karenanya, mengurangi reaksi alergi yang muncul dan meningkatkan sistem imun tubuh akan mengembalikan keseimbangan tubuh, baik energi ataupun secara hormonal, yang dampaknya akan meningkatkan fungsi kesuburan.

Berikut ini beberapa tip yang dapat digunakan untuk membantu mengurangi gejala alergi, sekaligus meningkatkan kesuburan.

Minumlah air putih, setidaknya dua liter per hari, untuk menyeimbangkan fungsi organ tubuh. Air putih juga merupakan pelumas yang ideal bagi kerja sistem imun Anda.

Kurangilah konsumsi kafein, seperti kopi, teh, serta energy drink. Mengkonsumsi kafein secara berlebihan akan mengakibatkan vitamin dan mineral dalam tubuh terserap oleh kafein.

Kurangilah konsumsi gula, karena dapat menurunkan kekebalan tubuh Anda, serta menekan fungsi organ. Hindari pula pemanis buatan, karena pemanis jenis ini lebih berbahaya daripada gula biasa.

Konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral, karena sangat penting untuk meningkatkan fungsi imun tubuh.

Hindari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung hormon, seperti daging merah, ikan, telur, dan unggas. Tubuh Anda memproduksi sendiri hormon yang dibutuhkan, jadi menambah konsumsi hormon dari sumber lain tidak diperlukan.

Perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayuran mentah yang merupakan sumber antioksidan, vitamin, mineral, serat, dan enzim alami.

Jagalah tubuh dan pikiran Anda tetap sehat. Semakin sehat pikiran Anda, semakin sehat pula tubuh Anda.

Baca juga: Tips Mengetahui Masa Subur Anda

Related

Tips 203279744102497268

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item