Kesaksian Keluarga Brigadir J: Lidah, Paru, dan Jantung jadi Satu Bagian

Kesaksian Keluarga Brigadir J: Lidah, Paru, dan Jantung jadi Satu Bagian

Kuasa hukum keluarga Brigadir J membocorkan hasil autopsi ulang. Meski saat ini hasil autopsi ulang Brigadir J masih menunggu hasil pemeriksaan sampel bagian jenazah di laboratorium RSCM, pihak kuasa hukum memiliki gambaran umum soal autopsi ulang tersebut. 

Gambaran umum tersebut diungkapkan karena ada dua orang perwakilan keluarga yang ahli di bidang medis atau kesehatan yang dipersilahkan untuk ikut melihat jalannya autopsi. 

Dua orang tersebut yakni Martina Aritonang atau Rajagukguk dan Herlina Lubis. Hal ini membuat hasil autopsi ulang Brigadir J setelah makamnya dibongkar sedikit demi sedikit terkuak. 

Secara kasat mata, banyak ditemukan lubang pada bagian tubuh Brigadir J. Lubang tersebut yakni di kepala, dada dan pergelangan kaki. Diduga lubang itu bekas tembakan, tertembus peluru. 

Hal lain yang jadi sorotan yakni posisi otak Brigadir J. Ketika dibuka bagian perut sampai ke kepala, ditemukan otaknya yang pindah ke bagian perut. 

Kamaruddin Simanjuntak, pengacara keluarga jenazah Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, mengungkap hasil autopsi Brigadir J setelah makamnya dibongkar. 

Menurut tim kedokteran forensik independen di RS Sungai Bahar, terdapat lubang di kepala bagian belakang Brigadir J, seperti tertembus oleh peluru. Lubang tersebut tembus sampai ke mata dan hidung. Ketika tengkorak kepala dibuka, otak Brigadir J sudah tidak ada. 

Setelah prosesi pemakaman ulang Brigadir J secara kedinasan usai autopsi ulang pada Rabu (27/7/2022), Kamaruddin Simanjuntak menemui dokter Herlina Lubis untuk melihat hasil forensik dan diaktanotariskan. 

Magister Kesehatan Herlina Lubis dan seorang dokter ditunjuk untuk mengamati dan menganalisa hasil autopsi dan visum Brigadir J. 

"Yang dilaporkan kepada ahli kita pertama, ketika kepalanya dibuka otaknya sudah tidak ditemukan," ungkap Kamaruddin Simanjuntak. 

Setelah dokter forensik yang mengautopsi ulang meraba kepalanya, ternyata ada semacam penempelan lem. Kemudian, ketika diraba bagian rambutnya ada sebuah lubang disondek (ditusuk) yang tembus ke mata dan hidung. Diduga, Brigadir J ditembak dari belakang kepala hingga tembus sampai ke hidung depan. 

Tim dokter forensik juga menemukan di dalam tengkorak Brigadir J ada enam retakan yang diduga akibat tembakan, namun mungkin juga akibat lain. Kamaruddin juga menambahkan, ada lubang bekas tembakan yang terlihat di dada sebelah kiri. 

"Di dada kiri itu ada lubang yang ditemukan ada jaringan plastik yang di dalamnya ada otak (Brigadir J), apakah ini standar dari autopsi saya kurang tahu, otak harusnya di kepala, ditaruh ke dada. Lidah, paru dan jantung menjadi satu bagian," lanjut Kamaruddin. 

Ia menegaskan, bahwa ini adalah hasil pemeriksaan secara kasat mata dan selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan, hasilnya akan disampaikan hingga 8 minggu ke depan. 

"Catatan ini baru yang bisa dilihat dari kasat mata, selanjutnya akan dilakukan (pemeriksaan) di laboratorium yang menurut (kabar) akan disampaikan sampai 8 minggu ke depan," lanjut Kamaruddin. 

Diberitakan sebelumnya, Kepolisian RI mengungkap alasan Brigpol Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J ditembak mati Bharada E di kediaman Kepala Divisi Propam Polri Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (8/7/2022). 

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyampaikan bahwa Brigpol Yosua ditembak mati karena diduga melakukan pelcehan sksual dan menodongkan pistol kepada istri Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo. 

"Yang jelas gininya, itu benar melakukan pelcehan dan menodongkan senjata dengan pistol ke kepala istri Kadiv Propam itu benar," ujar Ramadhan saat dikonfirmasi, Senin (11/7/2022). 

Ramadhan menuturkan bahwa fakta itu diketahui berdasarkan hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan memeriksa sejumlah saksi. Dua saksi yang diperiksa di antaranya adalah Istri Kadiv Propam dan Bharada E. 

"Berdasarkan keterangan dan barang bukti di lapangan bahwa Brigadir J memasuki kamar pribadi Kadiv Propam dan melcehkan istri Kadiv Propam dengan todongan senjata,” ungkap Ramadhan. 

Ia menuturkan bahwa Istri Kadiv Propam disebut berteriak akibat pelcehan yang diduga dilakukan Brigadir J. Teriakan permintaan tolong tersebut didengar Bharada E yang berada di lantai atas rumah. Menurutnya, kehadiran Bharada E membuat Brigadir J menjadi panik. 

Saat ditanya insiden itu, Brigadir J malah melepaskan tembakan kepada Bharada E yang berdiri di depan kamar. 

“Pertanyaan Bharada E direspons oleh Brigjen J dengan melepaskan tembakan pertama kali ke arah Bharada E,” kata Ramadhan. 

Related

News 5733301559838314480

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item