Aneka Manfaat Buah Arbei untuk Kesehatan (1)

 Aneka Manfaat Buah Arbei untuk Kesehatan

Naviri.Org - Arbei atau buah beri cukup populer di Indonesia, dan banyak orang yang biasa mengonsumsinya. Buah ini juga relatif mudah ditemukan di Indonesia, karena pohon arbei dapat tumbuh dengan baik di berbagai tempat termasuk di iklim tropis seperti Indonesia. Pengembangbiakan pohon arbei juga relatif mudah, karena tidak membutuhkan lahan luas. Pohon arbei bahkan bisa tumbuh dan berbuah, meski ditanam dalam pot besar.

Arbei, sebagaimana buah-buahan lain, memiliki ciri dan cita rasa yang khas. Selain enak, agak asam dan segar, arbei juga memiliki warna merah atau kehitaman, sesuai varietasnya. Buah arbei juga mengandung nutrisi yang kaya. Berdasarkan Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM), dalam 100 gram buah arbei terkandung:
  1. Energi: 37 kkal
  2. Protein: 0,8 gr
  3. Lemak: 0,5 mg
  4. Karbohidrat: 8,3 gr
  5. Asam folat: 30 mcg
  6. Kalsium: 28 mg
  7. Fosfor: 27 mg
  8. Vitamin A: 60 SI (Satuan Internasional)
  9. Vitamin B1: 0,003 mg
  10. Air: 89,9 gr
Dengan kandungan nutrisinya yang kaya, arbei memiliki beragam manfaat dalam membantu menunjang kesehatan. Berikut ini beberapa di antaranya.

Mengatasi sariawan

Masalah sariawan sering kali disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin C. Dalam hal ini, arbei mengandung vitamin C dengan kadar 60 mg, yang setara dengan kebutuhan harian vitamin C. Karenanya, mengonsumsi arbei dapat membantu mengatasi masalah semacam sariawan. Selain itu, arbei juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang mampu menghasilkan sumber tenaga.

Menurunkan risiko kanker

Arbei mengandung karotenoid, yaitu antioksidan yang mampu menurunkan risiko kanker. Kandungan antioksidan itu membantu mencegah proses yang dapat mengarah pada pembentukan sel-sel kanker dalam tubuh. Dengan kata lain, rutin mengonsumsi arbei dapat membantu menjauhkan kita dari masalah kanker.

Mengatasi tumor

Penelitian di Australia menemukan bahwa buah arbei yang tumbuh di ujung utara negara bagian Queensland dapat dijadikan sarana melawan tumor. Senyawa dalam buah arbei yang tumbuh di tempat itu diketahui dapat mematikan tumor serta benih tumor. Senyawa itu bekerja dengan cara membunuh sel tumor secara langsung, memotong pasokan darah, dan mengaktivasi sistem pertahanan tubuh yang dirusak akibat tumor.

Mengatasi maag

Arbei mengandung vitamin C, dan karena itu rasanya cenderung asam. Namun, vitamin C atau rasa asam tersebut tidak memberi efek samping yang membahayakan lambung. Karenanya, penderita maag bisa mengatasi penyakitnya dengan mengonsumsi arbei. Penggunaannya cukup mudah, yaitu tinggal mengolah buah arbei menjadi jus untuk kemudian diminum.

Mengatasi tifus

Tifus atau thypus adalah penyakit yang disebabkan radang pada usus, dan ditandai dengan demam yang tinggi. Untuk mencegah atau mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mengonsumsi arbei, karena kandungan dalam buah ini mampu membantu melawan infeksi bakteri penyebab tifus.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Buah Arbei untuk Kesehatan (2)

Related

Health 3557599936851671177

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item