Aneka Manfaat Buah Arbei untuk Kesehatan (2)

 Aneka Manfaat Buah Arbei untuk Kesehatan

Naviri.Org - Artikel ini adalah lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Buah Arbei untuk Kesehatan 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Mengatasi penyakit hati

Umumnya, penyakit hati dikenal sebagai hepatitis, yaitu penyakit yang disebabkan oleh virus, konsumsi alkohol, atau obat-obatan. Rutin mengonsumsi arbei dapat membantu mencegah masalah tersebut. Hal itu dimungkinkan, karena arbei mengandung flavonoid yang membantu kesehatan hati.

Meringankan masalah diare

Kandungan fitonutrien dalam buah arbei membantu melindungi tubuh dari masalah pencernaan dan penyakit diare. Mengonsumsi arbei juga membantu melancarkan pencernaan dan mengobati penyakit perut.

Menunda proses penuaan

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, arbei mampu membantu membersihkan tubuh secara menyeluruh, dan hal itu berdampak pada kesehatan tubuh yang lebih terjaga, sehingga menjadikan Anda lebih awet muda. Penelitian menyangkut hal ini bahkan menemukan bahwa konsumsi arbei secara rutin dapat meningkatkan kemampuan memori (daya ingat).

Menguatkan stamina tubuh

Karena mengandung sumber mineral yang tinggi, arbei juga dapat membantu memulihkan stamina, sehingga tidak mudah lelah. Di samping itu, arbei juga membantu merawat kesehatan ginjal, melancarkan urin, mengeluarkan dahak, dan memperbaiki peredaran darah.

Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Vitamin C yang terkandung dalam arbei memiliki berbagai manfaat, termasuk untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi agar senantiasa sehat. Sementara kandungan kalsium dan fosfor pada arbei juga mendukung kesehatan gigi serta gusi.

Sebagai antioksidan dan antibakteri

Di dalam buah arbei terkandung saponin (glikosida yang banyak ditemukan dalam tumbuhan), flavonoid (senyawa kimia aktif yang salah satu fungsinya melindungi kesehatan hati), dan polifenol (sebagai antioksidan), sehingga arbei memiliki sifat antioksidan serta antibakteri.

Melindungi tubuh dari infeksi

Karena memiliki fungsi sebagai antioksidan, arbei juga dapat membantu membentuk kekebalan tubuh, menetralkan radikal bebas, serta melindungi tubuh dari berbagai ancaman infeksi.

Merawat kulit wajah

Selain berkhasiat untuk kesehatan, arbei juga bermanfaat untuk kecantikan, salah satunya untuk merawat kulit wajah. Dengan kandungan vitamin C tinggi di dalamnya, arbei dapat membantu melembutkan serta melembapkan kulit yang kering. Jika Anda ingin menggunakan arbei untuk tujuan tersebut, berikut ini caranya.

Pertama, campurkan satu sendok teh mentega cair dengan sari buah arbei yang segar. Kemudian, oleskan campuran itu pada wajah, dan diamkan selama setengah jam. Setelah itu, cucilah wajah dengan sabun, dan bubuhkan tonik wajah.

Memutihkan wajah secara alami

Buah arbei juga dapat dimanfaatkan untuk memutihkan kulit wajah secara alami. Caranya, belah buah arbei menjadi dua bagian. Oleskan bagian dalam buah ke seluruh wajah, dan biarkan hingga semalam. Keesokan harinya, cucilah wajah pada pagi hari hingga bersih.

Selain memutihkan wajah secara alami dengan cara di atas, arbei juga dapat dikonsumsi secara langsung sebagai buah segar, untuk tujuan kecantikan kulit. Karena memiliki kandungan vitamin C tinggi, arbei mampu membantu mempertahankan elastisitas kulit.

Related

Health 3755402040179673955

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item