Aneka Manfaat Mentimun untuk Kesehatan dan Kecantikan (1)

Aneka Manfaat Mentimun untuk Kesehatan dan Kecantikan

Naviri.Org - Sebagian orang mungkin mengira mentimun termasuk sayuran, karena mentimun sering menjadi bagian dari olahan atau masakan bersama sayuran, semisal acar. Kita bahkan mungkin lebih sering mengonsumsi mentimun sebagai bagian dari masakan atau lalapan, dibanding memakannya secara langsung. Namun, sebenarnya, mentimun masuk golongan buah-buahan.

Mentimun (Cucumis sativus L.) dihasilkan oleh tumbuhan yang termasuk suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Mentimun dikenal mampu menyegarkan, karena memiliki banyak kandungan air di dalamnya. Satu buah mentimum rata-rata mengandung 0,65% protein, 0,1% lemak, 2,2% karbohidrat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C.

Mentimun telah lama diketahui dapat mengatasi penyakit disentri, pening atau pusing, demam, menghilangkan jerawat, mengatasi sariawan, menurunkan tekanan darah tinggi, dan membersihkan ginjal. Berikut ini uraian aneka manfaat mentimun dalam menunjang kesehatan dan kecantikan.

Membantu merawat kulit

Mentimun memiliki sifat diuretik, dengan efek membersihkan dan mendinginkan, sehingga sangat bermanfaat bagi kulit. Kandungan airnya yang tinggi, ditambah vitamin A, B, dan C, serta beberapa mineral (magnesium, potassium, manganese, dan silika) menjadikan buah ini penting untuk perawatan kulit.

Masker wajah yang mengandung ekstrak mentimun dapat digunakan untuk mengencangkan wajah. Selain itu, asam askorbat dan asam caffeic yang terdapat dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di sekitar mata.

Melancarkan sistem pencernaan

Mengonsumsi jus mentimun setiap hari dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti maag, sembelit, gastritis, dan lain-lain. Sementara kandungan serat dalam mentimun dapat membantu mengikis racun yang terdapat pada sistem pencernaan, sehingga meningkatkan proses pencernaan. Kemudian, mentimun mengandung enzim erepsin yang membantu dalam pencernaan protein.

Menjaga kesehatan sendi

Mentimun mengandung zat silika yang dapat membantu kesehatan sendi tulang, dengan memperkuat jaringan ikat.

Menjaga tekanan darah

Kandungan potasium, magnesium, dan serat, yang terdapat dalam mentimun membantu tekanan darah dalam tubuh tetap normal.

Mengatasi cacingan

Biji mentimun merupakan obat alami yang mampu mengusir cacing pita di saluran usus. Bahkan, biji mentimun dapat berperan sebagai anti-inflamasi, serta efektif dalam pengobatan pembengkakan selaput lendir (hidung) dan tenggorokan.

Menjaga kesehatan kuku

Kandungan zat silika dalam mentimun dapat membantu mencegah kuku jari tangan dan kaki, dari kemungkinan pecah atau patah.

Mengatasi reumatik

Reumatik, encok, atau nyeri sendi, dapat diatasi dengan mengonsumsi jus mentimun yang dicampur dengan jus wortel. Jus mentimun memiliki kandungan vitamin A, B1, B6, C, dan D, serta folat, magnesium, dan kalsium. Saat dicampur dengan jus wortel, hasilnya dapat membantu pasien yang mengalami nyeri sendi dengan cara menurunkan asam urat.

Mengatasi sakit gigi dan gusi

Masalah atau penyakit di mulut, seperti sakit gigi atau gusi, dapat diatasi dengan mengonsumsi jus mentimun. Mengonsumsi mentimun mentah (sebelum diolah) juga dapat meningkatkan air liur, serta berfungsi menetralisir asam dan basa di dalam rongga mulut.

Mengatasi diabetes

Mentimun memiliki kandungan zat mangan yang berperan dalam mensintesis insulin alami di dalam tubuh. Karenanya, mengonsumsi jus mentimun dapat membantu mengatasi masalah diabetes.

Menjaga kesehatan ginjal

Mentimun diketahui memiliki manfaat dalam membantu meringankan masalah kandungan kemih dan ginjal. Kandungan air yang berlimpah dalam mentimun membantu fungsi ginjal dengan melancarkan proses urinasi. Kenyataannya, mentimun merupakan diuretik alami yang terbaik.

Menyuburkan rambut

Ada cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menyuburkan rambut, yaitu dengan mencampur jus mentimun dengan wortel, bayam, dan selada. Mentimun mengandung zat silika. Silika terdapat pada jaringan ikat dalam tubuh. Senyawa itu membantu pertumbuhan rambut. Karenanya, rutin mengonsumsi makanan yang mengandung silika akan membantu Anda memiliki rambut yang subur, sekaligus tulang yang kuat.

Menyegarkan tubuh

Apa yang biasa Anda lakukan jika ingin menyegarkan tubuh saat lelah? Menyesap kopi, atau meminum soda? Anda bisa menggantinya dengan yang lebih alami dan lebih efektif, yaitu dengan mengonsumsi mentimun. Buah ini merupakan sumber vitamin B yang baik. Ditambah kandungan air di dalamnya, memakan satu buah mentimun dapat mengembalikan kesegaran tubuh Anda.

Menjaga cairan tubuh

Mengonsumsi mentimun sama artinya dengan menjaga tubuh dalam keadaan terhidrasi, sekaligus mengisi ulang vitamin harian yang dibutuhkan tubuh. Mentimun terdiri dari 95 persen air. Kandungan itu akan menjaga cairan tubuh, sekaligus membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh. Mentimun juga memiliki sebagian besar vitamin yang dibutuhkan tubuh dalam satu hari.

Saat mengonsumsi mentimun, sebaiknya jangan buang kulitnya, karena kulit mentimun memiliki kandungan vitamin C yang banyak, sekitar 10 persen dari kebutuhan per hari yang disarankan.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Mentimun untuk Kesehatan dan Kecantikan (2)

Related

Health 8422397085900372595

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item