Aneka Manfaat Mentimun untuk Kesehatan dan Kecantikan (2)

Aneka Manfaat Mentimun untuk Kesehatan dan Kecantikan

Naviri.Org - Artikel ini adalah lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Mentimun untuk Kesehatan dan Kecantikan 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Menurunkan risiko kanker

Mentimun mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol. Berdasarkan penelitian, ketiga senyawa tersebut memiliki kaitan dalam hal penurunan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker ovarium, kanker rahim, dan kanker prostat.

Menghilangkan bau mulut

Bau mulut tak sedap dapat diatasi dengan mentimun. Caranya, ambil seiris mentimun, dan tekan ke langit-langit mulut Anda dengan lidah, selama 30 detik. Mentimun mengangung phytochemcials yang mampu membunuh bakteri di dalam mulut yang menjadi biang bau tak sedap pada mulut.

Mengatasi sakit kepala

Sebagian orang kadang mengalami masalah sakit kepala pada pagi hari, biasanya setelah bangun tidur. Untuk mengatasi masalah itu, Anda bisa mengonsumsi beberapa iris mentimun sebelum tidur. Mentimun mengandung cukup gula, vitamin B, dan elektrolit untuk menambah banyak nutrisi penting, sehingga mengurangi intensitas sakit kepala.

Mendukung diet

Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi, sekaligus kalori yang rendah. Karena itu, mentimun merupakan makanan diet yang ideal untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan air yang tinggi dan serat makanan dalam mentimun sangat efektif dalam membersihkan sistem pencernaan tubuh dari racun, sehingga membantu proses pencernaan.

Menurunkan kadar kolesterol

Penelitian menemukan, mentimun memiliki senyawa yang disebut sterol, yang dapat membantu menurunkan kada kolesterol. Mentimun juga mengandung banyak kalium, magnesium, juga serat, yang bekerja secara efektif dalam mengatur tekanan darah. Hal itu membuat mentimun baik untuk mengobati tekanan darah rendah dan tekanan darah tinggi.

Aneka manfaat lain

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas, mentimun juga masih memiliki beberapa manfaat lain, untuk kesehatan dan kecantikan, di antaranya berikut ini:

Mencegah dehidrasi. Mentimun memiliki kandungan air yang berlimpah, sehingga mengonsumsi mentimun dapat mencegah dehidrasi.

Mengatasi panas dalam dan luar. Mengonsumsi mentimun dapa mengatasi panas dalam. Begitu pula, tubuh yang terasa panas akibat tersengat matahari dapat didinginkan dengan mengonsumsi mentimun.

Menyehatkan ginjal. Kandungan air dalam mentimun memiliki sifat mengusir racun dari dalam tubuh, dan menyehatkan ginjal.

Kaya vitamin. Mentimun mengandung vitamin A, B, dan C, yang meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh, memberi energi, dan menjaga kesegaran tubuh.

Menyegarkan mata. Meletakkan irisan mentimun di atas mata yang lelah tidak hanya akan membantu menyegarkan, namun juga membuat penampilan mata menjadi lebih cantik.

Menyegarkan mulut. Jus mentimun adalah obat alami untuk mengatasi bau mulut dan mengobati penyakit gusi.

Melancarkan pencernaan. Mengunyah mentimun adalah olahraga yang baik bagi rahang. Selain itu, serat dalam mentimun juga membantu tubuh melancarkan pencernaan.

Mentimun dapat dikonsumsi untuk menghambat peradangan. Untuk tujuan itu, Anda bisa memakan mentimun tanpa dimasak atau dicampur dengan olahan makanan lain. Jika Anda sedang berjerawat, sangat baik mengonsumsi buah ini.

Jika dijadikan jus, mentimun dapat menghambat penyakit hati dan lambung. Untuk Anda yang memiliki penyakit maag, sangat baik memakan mentimun. Namun usahakan dengan ukuran yang tepat, agar tekanan darah tetap stabil.

Mentimun dapat membantu mata lebih segar dan menghilangkan noda hitam pada lingkaran mata. Gunakan dengan mengompreskan mentimun saat akan tidur.

Mentimun dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi hipertensi. Caranya, parutlah buah mentimun dan peras airnya, kemudian diminum. Lakukan 2 sampai 3 kali sehari.

Untuk mengatasi sariawan, makanlah buah mentimun setiap hari secara rutin.

Untuk membersihkan ginjal secara efektif, parutlah buah mentimun dan peras airnya. Minum sedikit demi sedikit, hingga lambung terbiasa menerima cairan mentimun. Lakukan secara rutin.

Untuk mengatasi demam, parutlah buah mentimun, dan letakkan hasil parutannya di atas perut.

Untuk mengatasi jerawat, cuci dan iris kecil-kecil buah mentimun, lalu letakkan irisannya di bagian wajah yang berjerawat.

Related

Health 7074735032840982351

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item