Dua Jenis Pengguna Internet Mobile di Indonesia

Dua Jenis Pengguna Internet Mobile di Indonesia

Naviri.Org - Bagaimana cara Anda mengakses internet? Sebagian orang menggunakan komputer desktop untuk mengakses internet. Biasanya, mereka yang menggunakan komputer desktop adalah orang-orang kantoran, atau orang-orang yang bekerja di bidang atau di dalam internet. Ada pula di antara mereka yang mengakses internet menggunakan laptop.

Pengguna komputer desktop untuk mengakses internet mungkin tidak banyak di Indonesia, karena kurang praktis. Setidaknya, lebih praktis mengakses internet menggunakan tablet atau ponsel pintar. Selain ukurannya yang kecil dan ringan, juga bisa dibawa ke mana-mana.

Kenyataannya, pesatnya jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini disebabkan oleh semakin meningkatnya akses pengguna internet secara mobile.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada 2016 lalu, dari 132,7 juta pengguna internet Indonesia sebesar 47,6% atau 63,1 juta penggunanya menggunakan perangkat mobile.

Sedangkan pengakses internet secara mobile dibagi menjadi dua, yakni pengguna aplikasi mobile dan situs mobile. Untuk aplikasi mobile paling banyak diakses warganet Indonesia seperti yang dilaporkan comScore pada 2017 adalah Google Play, Whatsapp, Youtube, dan Black Berry Messanger (BBM). Di satu sisi, situs mobile yang menjadi juara sebagai situs paling banyak diakses adalah Google, Facebook, dan Kompas Gramedia.

Ketika mengakses internet dengan perangkat mobile, sudah pasti jaringan provider yang digunakan akan memengaruhi kenyamanan dalam berselancar di dunia maya. Saat ini, banyak provider berlomba-lomba menawarkan layanan paket data internet menarik.

Namun, dalam hal memilih provider, pastikan Anda mempelajari teknologi jaringan yang digunakan dan jangkauan area dari provider tersebut. Pasalnya, jika tidak, Anda tidak dapat menggunakan layanan internet secara maksimal.


Related

Smartphone 8812347712360654940

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item