Tingginya Gaji PNS di Negara-negara Maju

Tingginya Gaji PNS di Negara-negara Maju

Naviri.Org - PNS atau Pegawai Negeri Sipil adalah para pegawai yang dipekerjakan pemerintah, yang tugasnya adalah membantu pemerintah dalam melayani masyarakat. PNS memiliki beberapa keunggulan dibanding pekerja swasta. Misalnya jaminan gaji yang selalu tepat waktu, sampai jaminan pensiun. Karenanya, banyak orang Indonesia yang ingin jadi PNS, karena mengimpikan kehidupan yang nyaman.

Selain gaji bulanan yang layak dan jaminan pensiun, PNS di Indonesia bahkan mendapat fasilitas gaji ke-13, bahkan belakangan ada gaji ke-14. Fasilitas semacam itu tentu langka bagi pekerja swasta. Sekali lagi, hal-hal itulah yang menjadikan banyak orang ingin menjadi PNS.

Kenyataannya, nasib PNS memang rata-rata mujur, di negara mana pun. Di Indonesia maupun di negara lain, PNS atau pekerja pemerintah memang mendapatkan fasilitas yang jarang atau tidak dimiliki pekerja swasta umumnya. Jika PNS di Indonesia yang merupakan negara berkembang saja sudah lumayan bagus, apalagi PNS di negara-negara maju?

PNS di Inggris misalnya, termasuk yang makmur dalam hal gaji. PNS di Inggris tergabung dalam British Civil Service. Mereka adalah para pekerja yang direkrut dan dipromosikan berdasarkan keahlian, akan tetapi tidak ditunjuk menduduki jabatan tertentu.

Petugas layanan sipil Inggris dibentuk untuk membantu pemerintah dalam mengembangkan dan melaksanakan kebijakan. Para PNS di Inggris bertanggung jawab atas layanan langsung masyarakat terkait pembayaran manfaat dan pensiun, layanan ketenagakerjaan, mengamankan lembaga pemasyarakatan (penjara), dan mengeluarkan izin mengemudi.

Dilansir dari Telegraph, pemerintah memberikan gaji kepada para petugas layanan sipil dan PNS tertentu, yang melebihi jumlah gaji yang diterima oleh perdana menteri, yaitu senilai 142.500 poundsterling per tahun atau setara dengan Rp2,4 miliar per tahun. Artinya, setiap bulan bisa mengantongi sekitar Rp200 juta.

Sementara itu, PNS di Amerika Serikat yang tergabung dalam The Federal Civil Service, mencakup semua posisi hasil tunjuk lembaga eksekutif, yudikatif dan legislatif Amerika Serikat.

Fasilitas dan tunjangan yang diterima mereka di antaranya adalah tunjangan anak, tunjangan kesehatan, asuransi jiwa, uang cuti, dan insentif. Sedangkan untuk gaji terendah yang diterima PNS AS adalah sejumlah Rp20 juta per bulan, dan gaji tertingginya sebesar Rp140 juta per bulan.

Setiap negara tentu punya kemampuan masing-masing dalam memberikan kesejahteraan dan penghasilan bagi para abdi negaranya. Di Indonesia, persoalan gaji bagi PNS memang jadi hal yang sensitif, tapi di sisi lain anggaran negara cukup terkuras untuk belanja pegawai termasuk untuk gaji, di tengah persoalan birokrasi di Indonesia yang belum efektif.

Baca juga: Mewaspadai Penipuan Bermodus Lowongan Kerja di BUMN

Related

Career 83282046965160790

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item