WHOIS, Pengungkap Rahasia di Balik Situs Internet

  WHOIS, Pengungkap Rahasia di Balik Situs Internet

Naviri.Org - Ada banyak sekali situs di internet, dari yang sangat terkenal sampai yang mungkin baru kita temukan secara tidak sengaja. Dari banyak situs yang bertebaran di internet, ada yang berasal dari Indonesia, Amerika, Singapura, Malaysia, dan lain-lain. Bisa dibilang, semua negara bersatu di internet, dan siapa pun bisa mengakses situs dari negara mana pun.

Ketika menemukan sebuah situs, baik yang terkenal maupun tidak, bisa jadi kita penasaran siapakah pemilik situs tersebut, di mana alamat kantornya, dan lain-lain. Jika kita ingin mendapatkan informasi terkait hal itu, kira-kira ke mana kita bisa mencari tahu?

Jawabannya bisa merujuk ke WHOIS.

WHOIS, yang beralamat di www.whois.com adalah situs di internet yang menyajikan layanan informasi mengenai apa dan siapa di balik domain situsweb yang bertebaran di jagat internet. Diperkirakan ada lebih dari 1,3 miliar situsweb di dunia maya dengan beragam tema dan konten. WHOIS mengusung slogan "Identity for everyone".

Keberadaan layanan WHOIS memang bermanfaat untuk mengetahui atau memverifikasi sebuah situsweb. Contoh sederhana, situsweb layanan jual-beli online bisa dicari tahu siapa pemilik situs, untuk meyakinkan sebuah domain terpercaya atau tidak. Istilah lain dari WHOIS melekat pada WHOOWNS, WHOCONTROLS, dan WHOISRESPONSIBLE.

Selain www.whois.com, ada cukup banyak layanan penyedia WHOIS di internet. Pengguna hanya memasukkan domain yang dicari, maka informasi tentang kepemilikan domain situsweb bisa dengan mudah diketahui. Situsweb www.kaskus.co.id misalnya, berdasarkan WHOIS, memakai bendera PT Darta Media Indonesia, yang beralamat di Menara Palma, Annex Building P11, Jakarta. Informasi lain juga dapat digali seperti nomor telepon, e-mail, dan banyak lainnya.

Keberadaan WHOIS tak terpisahkan dari Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) yang merupakan organisasi non-profit yang bertanggung jawab pada informasi-informasi yang dimuat WHOIS. ICANN bekerjasama dengan para penjual domain internet, seperti GoDaddy, Qwords, Jogjacamp dan banyak lainnya, untuk memberikan data pemilik domain.


Related

Internet 5080353700026172531

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item