Foto Selfie dan Wefie Pertama di Dunia

 Foto Selfie dan Wefie Pertama di Dunia

Naviri.Org - Pada November 2017, Paris Hilton menyatakan bahwa dialah orang pertama di dunia yang melakukan selfie atau swafoto, ketika ia berpose dengan Britney Spears untuk melakukan selfie bersama. Benarkah klaim itu?

Jika merunut ke belakang, ada film terkenal berjudul Anastasia, yang mengisahkan putri Raja Rusia, dan memperlihatkan perempuan tersebut melakukan selfie. Peristiwa itu diperkirakan terjadi pada 1913, dengan menggunakan kamera Kodak. Melalui sepucuk surat, Anastasia menulis kesan tentang betapa sulitnya mengambil swafoto. "Tangan saya sampai gemetar," katanya.

Sementara, menurut Majalah Time, ada sebuah selfie yang berusia lebih tua, yakni dari tahun 1839. Swafoto tersebut diambil oleh Robert Cornelius, fotografer asal Philadelphia, di halaman belakang toko milik keluarganya. Library of Congress Amerika Serikat mengakui bahwa karya Cornelius adalah swafoto pertama.

Sementara wefie pertama dilakukan Joseph Byron, fotografer asal New York. Wefie itu dilakukan di atap sebuah studio di Fifth Avenue New York, tepat di seberang St. Patrick Cathedral. Ia berfoto bersama empat orang koleganya yang sama-sama berprofesi fotografer. Saat itu kamera dipegang dua orang karena bobotnya masih terlalu berat dipegang seorang diri, terlebih untuk selfie.

The New York Times pernah menyebut foto ini sebagai salah satu iklan foto studio di New York. Kini, foto tersebut telah didigitalisasi dan menjadi koleksi Museum of The New York City.

Tiga foto tersebut tentu mematahkan klaim Paris Hilton bahwa dirinyalah yang pertama kali melakukan selfie saat berpose bersama Britney Spears 11 tahun silam.

Teknologi digital membuat selfie semakin mudah dilakukan—tak sesulit yang dialami Anastasia dan Joseph Byron—sehingga menjadi masif. Pada 2004, muncul tagar #selfie pertama di Flickr. Pada 2012, majalah Time mengkategorikan selfie sebagai salah satu kata paling populer. Setahun setelahnya, Oxford English Dictionary menetapkan selfie sebagai "Word of The Year".

Baca juga: Bahaya Tersembunyi Foto Selfie di Media Sosial

Related

Lifestyle 2887719182479867222

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item