Asal Usul Lahirnya Hari Selfie Nasional

Asal Usul Lahirnya Hari Selfie Nasional

Naviri.Org - Tanggal 21 Juni 2014 adalah lahirnya sesuatu yang disebut Hari Selfie Nasional atau National Selfie Day, khususnya di Amerika Serikat. Sepuluh tahun sebelumnya, pada 2004, tagar #selfie pertama kali muncul di situs Flickr. Sejak 2004 itu pula, istilah selfie terus berkembang hingga sangat populer di dunia.

Pada 2012, majalah Time mengkategorikan selfie sebagai salah satu kata paling populer. Setahun setelahnya, Oxford English Dictionary menetapkan selfie sebagai "Word of The Year".

Selfie pun kian populer. Hal tersebut membuat penyiar Fishbowl Radio, DJ Rick McNeely, mengadakan National Selfie Day pada 21 Juni 2014. Ide Rick ini tak hanya disambut khalayak tetapi juga oleh sejumlah media seperti Time, Motto, BBC, Bustle, dan USA Today. Tulisan seputar tips selfie serta foto selfie dari para selebritas menarik perhatian media-media.

Momen National Selfie Day digunakan untuk menyampaikan pesan yang beragam mulai dari kampanye anti rasisme dan kekerasan sampai kampanye sebuah klinik estetika gigi yang dilakukan dengan memotret diri sendiri.

Max Factor dan Ketchum melakukan survei daring kepada 5.556 wanita berusia 18-50 tahun pada 2016. Survei menemukan 30 persen responden tidak pernah selfie dengan muka tanpa make up. Sementara, 46 persen responden mengakui unggahan selfie seseorang di Instagram memengaruhi cara mereka menggunakan make up.

Penjualan suatu produk kosmetik amat ditentukan hasil akhir produk tersebut di depan kamera. Produk kosmetik dengan efek high definition bermunculan, terutama pilihan warna yang makin beragam, mulai dari foundation hingga lipstik.

Tren selfie juga sudah memasuki dunia olahraga. Brand kosmetik memanfaatkan kesempatan ini dengan mengeluarkan produk waterproof: Tarte mengeluarkan Tarte's Athleisure Line, Eyeko dengan Maskara Sport Waterproof, hingga Katherine Cosmetics menawarkan koleksi K-Sport Beauty.

Baca juga: Foto Selfie dan Wefie Pertama di Dunia

Related

Lifestyle 7786223328377696287

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item