Toba, Danau Terbesar di Indonesia

Toba, Danau Terbesar di Indonesia

Naviri.Org - Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia, sekaligus terbesar di Asia Tenggara. Sebagai danau vulkanik, Danau Toba adalah yang terbesar di dunia.

Danau ini terbentuk dari letusan super-volcano 70.000 tahun yang lalu, dan saat ini menjadi tempat wisata terkenal karena keindahan pemandangannya.

Terletak di Sumatera, Indonesia, Danau Toba memiliki panjang 100 kilometer, dengan lebar 30 kilometer, dan merupakan danau terbesar di Indonesia, sekaligus danau kawah gunung berapi terbesar di dunia.

Ketika gunung berapi meletus ribuan tahun lalu, letusannya tidak hanya membentuk keberadaan Danau Toba, tapi juga mempengaruhi iklim dunia. Letusan gunung itu diyakini luar biasa dahsyat, hingga terjadi musim dingin global, yang menyebabkan sebagian besar manusia yang hidup pada masa itu meninggal.

Peristiwa itu juga menciptakan hambatan populasi di Timur Tengah, Afrika, dan India, yang kemudian mempengaruhi keragaman genetik dari setiap orang di bumi.

Toba, Danau Terbesar di Indonesia

Lihat juga: Boiling Lake, Danau dengan Air Mendidih

Related

Traveling 8683607105124730617

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item