Film-film Horor Misterius yang Diadopsi dari Kisah Nyata

Film-film Horor Misterius yang Diadopsi dari Kisah Nyata

Naviri.Org - Ada banyak kasus orang hilang yang tetap menjadi misteri, karena pihak kepolisian tidak mampu mengungkapnya. Begitu pun, ada banyak kasus kejahatan lain yang membingungkan dan misterius, hingga sampai bertahun-tahun kemudian tetap tidak jelas bagaimana kasus itu terjadi, atau siapa pelakunya.

Di mata para sineas, kasus-kasus semacam itu bisa menjadi ide bagus untuk membuat film. Dalam pikiran mereka, mungkin, bagaimana kalau ternyata orang-orang yang hilang itu sebenarnya korban kanibalisme? Mereka hilang, dan tak bisa ditemukan, karena telah habis disantap para kanibal. Atau, bagaimana kalau kasus pembunuhan berantai yang terjadi adalah hasil kerjaan seorang psikopat?

Terkait hal itu, berikut ini adalah film-film horor misterius yang diadopsi atau diadaptasi dari kisah nyata. Dari kasus pembunuhan sampai kasus kerasukan setan.

The Exorcist (1973)

Film misterius pertama yang diadopsi dari kisah nyata adalah The Exorcist. Film yang dirilis pada 1973 ini mengandung beberapa elemen supranatural yang bisa dibilang terlalu mengerikan untuk ada di dunia nyata.

Namun, cerita yang dikisahkan benar-benar diangkat dari kisah nyata, yang bahkan telah dibukukan sebelumnya. Film ini terinspirasi dari rentetan kejadian misterius, dan juga pengusiran setan dari tubuh seorang anak berumur 13 tahun di Maryland, pada kisaran tahun 1940-1950an.

Psycho (1960)

Film ini dirilis beberapa tahun sebelum The Exorcist, yaitu pada 1960. Psycho merupakan film karya Alfred Hitchcock yang terinspirasi sosok pria Wisconsin, yang memiliki obsesi membunuh, bernama Ed Gein, yang membunuh dua wanita dan telah mengubur banyak korban lainnya pada tahun 1950-an.

Dari pria inilah lahir seorang tokoh bernama Norman Bates, yang ada dalam film Psycho. Salah satu tindakan pembunuhan paling keji pada film tersebut terletak pada adegan shower yang sangat populer.

The Hill Have Eyes

Film ini berkisah tentang keluarga kanibal yang haus darah, dan terus meneror orang-orang tersesat di padang gurun. Film ini merupakan karya Wes Craven yang terinspirasi legenda Sawney Bean.

Sawney diduga sebagai dalang yang memimpin klan kanibal di perbukitan Skotlandia. Klan inilah yang juga diduga sebagai pelaku hilangnya seribu lebih orang secara misterius pada abad ke-15.

The Entity (1982)

Kisah yang mendasari terbentuknya film The Entity adalah kisah mengerikan dan misterius yang hadir tanpa meninggalkan bukti sedikit pun. Pada tahun 1974, seorang wanita mengaku dirinya diserang dan diperkosa oleh setan.

Kisah itu kemudian mengundang para penyidik dan paranormal untuk meneliti rumah tersebut, dan kemudian menjadi cerita dari mulut ke mulut yang lalu menginspirasi The Entity.

The Amityville Horror

Film ini bercerita tentang sebuah rumah yang dihuni makhluk-makhluk halus. Keluarga Lutz, yang pernah menjadi penghuni rumah tersebut, mengaku bahwa mereka sering diganggu oleh hantu dan mayat berjalan, serta penampakan setan lainnya.

Meskipun kisah tersebut dianggap sebagai kebohongan belaka dan menjadi bahan perdebatan banyak pakar, namun kisah tersebut dibuat cukup menarik dalam film The Amityville Horror.

The Exorcism of Emily Rose (2005)

Film misterius ini terinspirasi oleh kisah Anneliese Michel, seorang gadis Jerman berusia 16 tahun, yang kerasukan setan selama lebih dari satu dekade.

Dalam kisahnya, proses pengusiran dilakukan selama 10 bulan, dan berakhir dengan kematian Michel. Selain terinspirasi dari kisah nyata, misteri yang ada di film ini juga menyuguhkan sesuatu yang berbeda.

Wolf Creek

Film dengan cerita horor ini terinspirasi sebuah kisah misterius tentang pembunuhan berantai di Australia.

Dalam kisahnya, pembunuh tersebut diketahui menculik, menyiksa, dan membunuh para turis pada sekitar tahun 90-an hingga 2000 awal. Dalam filmnya, sang pembunuh ditampilkan sebagai seorang yang terlihat normal.

The Serpent and the Rainbow (1987)

Film ini didasarkan pada sebuah kisah mengerikan di balik praktek boneka voodoo di Haiti. Dalam versi filmnya, kisah ini menceritakan perjalanan Wade Davis, seorang ilmuwan yang meneliti keberadaan zombie yang ada di Haiti.

Henry: Portrait of a Serial Killer

Film ini terinspirasi dari kisah pembunuhan berantai yang dilakukan Henry Lee Lucas, dan menimbulkan banyak kengerian pada setiap adegannya. Lucas melakukan pembunuhan hingga 213 kali ini. Selain mengerikan, kasusnya juga penuh misteri.

Baca juga: The Motorcycles Diaries, Kisah Petualangan Che Guevara

Related

Film 301591343128236689
item