Daftar Lengkap Film Perang dari Berbagai Negara (1)

Daftar Lengkap Film Perang dari Berbagai Negara

Naviri.Org - Di antara tema-tema besar yang diangkat ke dalam film, perang adalah salah satunya. Ada banyak perang yang pernah terjadi di dunia, dari perang besar (seperti Perang Dunia I dan Perang Dunia II) sampai perang-perang lokal (seperti Perang Teluk, Perang Irak, dan lain-lain).

Berangkat dari peristiwa-peristiwa itu, para sineas membuat film yang mengisahkan perang dengan segala kisah dan kompleksitasnya. Film-film itu berkisah tentang perang tersebut, atau tentang hal-hal yang terkait perang, yang tidak terungkap di buku-buku sejarah, meliputi tokoh penting, orang biasa, sampai tempat-tempat bersejarah.

Berikut ini adalah daftar 375 film bertema perang dari berbagai negara, yang merentang dari masa silam sampai film-film yang dibuat pada zaman modern.

1. Battle Los Angeles (2011)

Battle: Los Angeles (juga dikenal sebagai Battle: LA, dan secara internasional sebagai World Invasion: Battle Los Angeles) adalah film perang fiksi ilmiah Amerika Serikat tahun 2011. Alur cerita dikandung dari sebuah skenario yang ditulis oleh Chris Bertolini, sebagian didasarkan pada insiden perang yang dijuluki "Pertempuran Los Angeles".

Film yang disutradarai oleh Jonathan Liebesman ini diperankan oleh Michelle Rodriguez, Ramon Rodriguez, Bridget Moynahan, Ne-Yo, dan Michael Peña. Film ini sangat layak masuk ke list film perang modern terbaik. Film ini adalah satu dari film perang terbaik sepanjang masa.

2. Enemy at the Gates (2001)

Enemy at the Gates adalah film yang disutradarai oleh Jean-Jacques Annaud pada tahun 2001, dan diadaptasi dari buku yang ditulis oleh William Craig, yang menceritakan kejadian dan peristiwa sekitar Perang Dunia II.

Seorang penembak jitu bernama Vasily Zaitsev dari kubu Uni Soviet melawan rival Jerman, Mayor Heinz Thorvald, pada Pertempuran Stalingrad, 1942. Film ini menggambarkan peran propaganda di kedua kubu dalam perang, dan memperalat penembak jitu (sniper-warfare) sebagai metafora pertempuran dahsyat antara kedua pihak.

Film ini banyak dikritik di Rusia dan di Eropa, karena dianggap tidak akurat secara historis. Meskipun demikian, film ini lumayan sukses. Semboyan terkenal dari film ini, “A hero never chooses his destiny. His destiny chooses him.” (Seorang pahlawan tidak memilih nasibnya. Nasiblah yang memilihnya).

3. Saving Private Ryan (1998)

Saving Private Ryan adalah film Amerika Serikat ber-genre sejarah-perang, yang bertema peperangan di saat invansi Normandia pada Perang Dunia II. Film ini disutradarai oleh Steven Spielberg, dan skenario ditulis oleh Robert Rodat. Film ini dibintangi oleh Tom Hanks, Tom Sizemore, Edward Burns, Barry Pepper, Vin Diesel, Giovanni Ribisi, Adam Goldberg, Jeremy Davies, dan Matt Damon.

Film ini mengisahkan petualangan Kapten John H. Miller dalam usaha penyelamatan seorang prajurit bernama Ryan. Dari film ini, kita banyak belajar dari kisah-kisah inspiratif dan kepahlawanan. Film ini sangat layak untuk masuk ke list film perang terbaik sepanjang masa.

4. Band of Brothers (2001)

Band of Brothers awalnya diproduksi dan disiarkan pada tahun 2001, berdasarkan sejarawan dan penulis biografi buku Stephen E. Ambrose, dengan judul yang sama. Steven Spielberg dan Tom Hanks menjadi produser eksekutif film ini, setelah sebelumnya mereka kompak bekerja sama dalam Saving Private Ryan.

Episode pertama film ini ditayangkan pada tahun 2001 di HBO, dan masih sering tayang di berbagai jaringan TV di seluruh dunia. Menceritakan Resimen Infanteri Parasut 506, Divisi Airborne ke-101 dari pelatihan di AS dan berakhirnya Perang Dunia II. Peristiwa dalam film didasarkan pada penelitian Ambrose dan rekaman wawancara dengan veteran yang sebenarnya.

5. The Pacific (2010)

The Pacific adalah serial televisi tahun 2010 yang diproduksi oleh HBO, Seven Network Australia, Sky Movies, Playtone, dan DreamWorks, yang ditayangkan di Amerika Serikat pada 14 Maret 2010. Serial ini adalah bagian pendamping untuk miniseri Band of Brothers, dan berfokus pada tindakan Korps Marinir Amerika Serikat dalam Perang Pasifik yang lebih luas.

Jika Band of Brothers menceritakan Resimen Infanteri Parasut 506 melalui Eropa, The Pacific berpusat pada pengalaman tiga marinir (Eugene Sledge, Robert Leckie, dan John Basilone) yang semuanya di resimen berbeda dari Divisi 1 Marinir.

Alur cerita yang mengagumkan dengan set dan plot yang sangat nyata, membawa kita ke dalam era Perang Dunia II, saat para tentara Amerika dibantai habis-habisan oleh tentara Jepang. Di film ini, kita bisa melihat bahwa tentara Amerika yang selalu dikisahkan sebagai sosok super ternyata juga manusia yang bisa galau karena perang.

6. Apocalypse Now (1979)

Apocalypse Now adalah film epik yang berkisah tentang Perang Vietnam. Film ini diarahkan dan diproduksi oleh Francis Ford Coppola, dan dibintangi oleh Marlon Brando, Robert Duvall, serta Martin Sheen.

Film ini mengikuti karakter sentral, Kapten Benjamin L. Willard dari MACV-SOG, dalam misi untuk membunuh pemberontak. Skenario film ditulis oleh John Milius dan Coppola, berasal dari ide Milius tentang adaptasi novel Joseph Conrad, Heart of Darkness.

Apocalypse Now memperoleh pujian kritikus secara luas, dan mendapat penghargaan Palme d'Or di Cannes, serta dinominasikan untuk Academy Award (Best Picture) dan Golden Globe Award (Best Motion Picture).

7. Black Hawk Down (2001)

Black Hawk Down merupakan film Amerika Serikat yang dirilis pada 2001. Film yang disutradarai oleh Ridley Scott ini diperankan antara lain adalah Josh Hartnett, Ewan McGregor, Tom Hardy, Tom Sizemore, dan masih banyak lagi.

Film ini mengisahkan 123 tentara AS yang masuk ke Somalia untuk menangkap pemberontak, tapi kemudian mereka terjebak dalam pertempuran dan putus asa menghadapi kekuatan bersenjata Somalia...

Kita akan diajak melihat sejarah jatuhnya dua heli black hawk di Somalia, dan bagaimana tentara Amerika dibantai habis-habisan oleh penduduk lokal di sana.

8. Valkyrie (2008)

Valkyrie adalah film thriller historis yang dirilis pada 2008, dan disutradarai oleh Bryan Singer. Menceritakan Jerman Nazi pada masa Perang Dunia II, dan pemberontakan pada 20 Juli 1944 yang dilakukan oleh para perwira Jerman yang bermaksud membunuh Adolf Hitler.

Tom Cruise berperan sebagai Kolonel Claus von Stauffenberg, salah seorang tokoh pemberontak utama. Sementara artis Belanda, Carice van Houten, memerankan istri Kolonel Von Stauffenberg, dan Adolf Hitler diperankan oleh David Bamber.

9. The Messenger (2009)

The Messenger adalah film drama perang yang dibintangi oleh Ben Foster, Woody Harrelson, Steve Buscemi, Jena Malone, dan Samantha Morton. Film ini adalah debut sutradara Oren Moverman, yang juga menulis skenario dengan Alessandro Camon.

Film ini ditayangkan di Sundance Film Festival 2009, masuk di kompetisi Berlin International Film Festival 2009, dan memenangkan Silver Bear untuk Skenario Terbaik. Film ini juga mendapat juara pertama untuk  Deauville Amerika Festival Film 2009, selain menerima empat nominasi Independent Spirit Award, nominasi Golden Globe, dan dua nominasi Academy Award.

10. Joint Security Area (2000)

Joint Security Area (Gongdong gyeongbi guyeok, JSA) adalah film asal Korea Selatan yang dibintangi Lee Young-ae, Lee Byung-hun, dan Song Kang-ho. Film ini disutradarai oleh Park Chan-wook, dan didasarkan pada novel karya Park Sang-yeon.

Film ini berlokasi di Korea Selatan, menceritakan konflik di perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan. Film ini menjadi film terlaris dalam sejarah film Korea, dan memenangkan penghargaan Film Terbaik di Blue Dragon Awards 2000 dan Grand Bell Awards 2001.

Baca lanjutannya: Daftar Lengkap Film Perang dari Berbagai Negara (2)

Related

Film 7461998506027582077

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item