Kristal Waktu Bukan Fiksi, tapi Benar-benar Ada

Kristal Waktu Bukan Fiksi, tapi Benar-benar Ada

Naviri.Org - Kristal waktu adalah kristal yang terbentuk dari hasil pengulangan atom-atom dalam dimensi waktu, dan bukan dimensi ruang seperti umumnya kristal lain. Semula, kristal waktu dianggap hanya fiksi. Namun belakangan terbukti kristal waktu benar-benar ada.

Para peneliti berhasil menemukan kristal waktu dalam sebuah uji coba di laboratorium. Materi kristal pada umumnya terbentuk dari komposisi atom-atom yang memiliki susunan berulang dan membentuk anyaman di sebuah ruang.

Pada tahun 2012, para peneliti di MIT mengusulkan ide tentang kristal waktu. Konsep ini merujuk pada kristal yang tercipta dari pengulangan atom-atom dalam dimensi waktu, bukan dimensi ruang seperti umumnya.

Uniknya, ritme pengulangan kristal waktu mulai berubah dari kekuatan pelepasannya, dan menciptakan sistem gerakan abadi yang menyerupai detak waktu. Inilah yang membedakan kristal waktu dari kristal biasa.

Pada tahun 2016, para peneliti di UC Berkeley berhasil menciptakan kristal waktu dalam sebuah percobaan laboratorium. Fenomena tersebut menginspirasi para peneliti di Universitas Yale untuk mencari tanda-tanda kristal waktu pada materi lainnya.

Percobaan pertama para peneliti adalah kristal monoammonium phosphate (MAP) yang bisa tumbuh dengan cepat, dan banyak digunakan dalam perangkat penumbuh kristal untuk anak-anak. Tim peneliti awalnya berpendapat bahwa kristal waktu hanya akan terbentuk apabila senyawa atomnya dalam kondisi yang tidak beraturan.

Namun, setelah meneliti kristal MAP lebih jauh menggunakan resonansi magnetik nuklir, para peneliti mampu menemukan tanda-tanda pembentukan yang mereka harapkan.

"Pengukuran kristal kami langsung terlihat mencolok," kata Sean Barrett, peneliti utama penelitian. Dia melanjutkan, “Penelitian kami menunjukkan, tanda kristal waktu diskrit (DTC) dapat ditemukan, secara teori, hanya dengan mengamati kristal pada perangkat milik anak-anak.”

Dikutip dari New Atlas, tim peneliti menyebut penemuan mereka adalah eksperimen "kristal waktu gema". Penelitian tersebut mampu menyelidiki urutan kuantum tersembunyi di dalam sebuah sistem.

Temuan mereka menimbulkan pertanyaan lebih banyak lagi, misalnya jika kristal waktu tercipta dalam kondisi laboratorium UC Berkeley yang sangat spesifik, bagaimana mereka bisa terjadi secara alami?

"Masih terlalu dini untuk mengatakan apa resolusi untuk kristal waktu diskrit, tetapi orang-orang akan mencoba untuk menjawabnya, setidaknya untuk beberapa tahun ke depan," kata Barrett.

Penelitian ini diterbitkan dalam dua makalah, jurnal Physical Review Letters dan Physical Review B.

Baca juga: Ilmuwan Mulai Menemukan Cara Hidup Abadi

Related

Science 2700770220508936035

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item