Cara Pintar Mengoptimalkan Hasil Pencarian Google

Cara Pintar Mengoptimalkan Hasil Pencarian Google

Naviri.Org - Orang-orang zaman sekarang dimanjakan oleh Google, karena bisa mencari dan mendapatkan apa pun hanya dengan mengetikkan kata kunci di mesin pencari tersebut. Cukup masukkan kata kunci, dan Google akan menyuguhkan segala yang kita inginkan. Biasanya, yang kita lakukan adalah membuka halaman Google, mengetikkan kata kunci yang dipilih, dan menekan Enter. Setelah itu, kita mendapati setumpuk halaman situs yang siap dikunjungi, sesuai kata kunci yang tadi kita masukkan.

Jan Brophy, peneliti pada City University London, dalam paper berjudul “Is Google Enough? Comparison of an Internet Search Engine with Academic Library Resources”, mengatakan bahwa Google memainkan peranan penting dalam perubahan cara orang mencari informasi.

Google telah melahirkan infobesity, yakni menyamakan proses pencarian informasi di internet dengan fenomena masyarakat mengonsumsi fast food. Google, dalam bahasa yang sederhana, menjadikan masyarakat dapat memperoleh informasi apapun secara cepat dan instan, mirip fast food.

Sayangnya, hasil pencarian Google tidak menyertakan nilai kredibilitas. Hasil teratas, jika mengacu penjelasan di laman resmi Google, didapat karena halaman situsweb (webpage) tersebut dirujuk banyak situsweb lain (backlink).

Mery E. Sorenson, peneliti dari University of Missouri, dalam paper berjudul “Beyond the Google Search Bar: Evaluating Source Credibility in Contemporary Research”, mengatakan secara tersirat bahwa masalah kredibilitas hasil pencarian ini merupakan hal yang cukup mengkhawatirkan, terutama bagi kalangan pelajar.

Di papernya itu, Sorenson mengatakan bahwa pelajar “umumnya cenderung bergantung pada sumber yang muncul di bagian atas hasil pencarian, terlepas dari relevansi atau kredibilitasnya.”

Kelalaian kaum pelajar itu, masih menurut Sorenson, terjadi bukan tanpa sebab. Namun, terjadi karena para pelajar tidak diberi pengetahuan bagaimana melakukan pencarian yang baik dan benar dalam memanfaatkan Google.

Dalam sebuah unggahan yang dilakukan University of Edinburg, ada beberapa tips bagaimana mencari informasi yang baik menggunakan mesin pencari, terutama Google. Secara umum, postingan tersebut menyuruh pengguna lebih mengutamakan memanfaatkan fitur Advanced Search yang dimiliki Google, alih-alih langsung mengetik kata kunci di kolom pencarian.

Advanced Search dianggap mampu menyajikan hasil pencarian yang lebih terperinci, semisal: hasil pencarian dengan dua kata kunci yang saling berhubungan, tanggal atau waktu yang spesifik, pencarian yang hanya mengacu pada dokumen terbatas, hingga membatasi ke hanya domain atau situsweb tertentu.

Sesungguhnya, keunggulan-keunggulan fitur Advanced Search bisa pula diterapkan dengan lebih mudah, yakni dengan memasukkan kode-kode sederhana tertentu pada kolom pencarian Google. Mencari informasi menggunakan dua kata kunci misalnya, pengguna tinggal menambahkan “OR” di antara dua kata kunci yang hendak dimasukkan.

Lalu, jika hanya ingin mencari informasi dari file-file berbentuk PDF (portable document format) pengguna tinggal memasukkan “filetype:pdf” di akhir kata kunci yang diinginkan. Kode tersebut bisa diubah untuk hanya mencari informasi dari file Document (filetype:doc), maupun mencari informasi dari file presentasi (filetype:ppt).

Di internet, tidak semua media online memiliki reputasi yang setara. Situsweb The New York Times misalnya, tidak bisa dibandingkan dengan situsweb antah-berantah yang dibangun menggunakan Blogspot. Untuk mencari informasi hanya bersumber dari laman The New York Times, pengguna Google tinggal memasukkan kode “site:nytimes.com” di akhir kata kunci yang dikehendaki.

Kode tersebut bisa diubah sesuai media yang dikehendaki, semisal “site:naviri.org” untuk mencari informasi hanya dari Naviri Magazine ataupun “site:wired.com untuk mencari informasi hanya dari Wired.

Selain kode-kode sederhana yang disebut di atas, Google punya beberapa kode lain seperti: “stocks: indf” (untuk memperoleh informasi saham perusahaan dengan kode emiten INDF alias Indofood), “weather:kebumen” (untuk memperoleh informasi cuaca di Kebumen), “cache:madzae.com” (untuk memperoleh file lampau dari blog bernama Madzae.com), hingga “sunrise:bandung” (untuk memperoleh informasi waktu terbitnya matahari di kota Bandung).

Baca juga: Google Scholar dan Cara Menemukan Situs Terpercaya

Related

Internet 1641626156198899615

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item