Terungkapnya Misteri Sungai Merah Darah di Rusia

Terungkapnya Misteri Sungai Merah Darah di Rusia

Naviri.Org - Warga Rusia heboh ketika mendapati sungai di daerah Taymyr mendadak berwarna semerah darah. Air sungai yang semula tampak normal, tiba-tiba berubah mengerikan. Foto-foto terkait sungai itu pun menyebar di internet, dan membuat heboh netizen sedunia. Apa yang menyebabkan sungai di Rusia bisa tiba-tiba berubah semerah darah?

Mula-mula, fenomena aneh itu masih misteri. Sampai kemudian, perusahaan nikel terbesar dunia mengakui tumpahan nikel di salah satu pabriknya telah mengakibatkan sebuah sungai di bagian utara Rusia berubah warna menjadi merah darah.

Perusahaan Norilsk Nickel mengungkapkan bahwa hujan lebat mengakibatkan air masuk ke salah satu bendungan mereka di Nadezhda. Akibatnya, air dan nikel di bendungan itu melimpah ke sungai Daldykan.

Meskipun begitu, Norilsk mengklaim peristiwa itu tidak berbahaya bagi manusia ataupun flora-fauna di sekitar sungai. Sebelumnya, Norilsk tidak mau mengaku bertanggung jawab ketika foto-foto ‘sungai merah’ mencuat dan membuat kehebohan.

Seorang aktivis Greenpeace Rusia menegaskan terlalu awal untuk menyebut tidak ada dampak dari pencemaran itu. “Anda tidak boleh menyebut bahwa ini bukan masalah besar,” kata Alexei Kiselyov kepada kantor berita AFP.

Kiselyov mengungkap bahwa Norilsk Nickel menguasai akses di seluruh semenanjung Taymyr, tempat insiden itu terjadi. Kiselyov menuding Norilsk menghalang-halangi penyelidik yang hendak menginvestigasi pencemaran yang diakibatkan perusahaan itu.

Pejabat kementerian lingkungan Rusia mengungkapkan kebocoran polutan kimia dari pipa perusahaan kemungkinan menjadi penyebab perubahan warna sungai. Namun, saat itu Norilsk Nickel membantah klaim tersebut. Perusahaan bahkan memperlihatkan foto-foto sungai dalam keadaan baik, ‘sebelum tercemar’.

Baca juga: Cano Cristales, Sungai dengan Air Berwarna-warni

Related

World's Fact 4885614820003736043

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item