Pertarungan Bisnis Superhero DC dan Marvel

Pertarungan Bisnis Superhero DC dan Marvel

Naviri.Org - Detective Comics atau yang biasa disingkat DC adalah salah satu pabrik penghasil tokoh superhero, bersaing dengan Marvel Comics yang sama-sama melahirkan banyak superhero. DC melahirkan tokoh-tokoh semacam Superman dan Batman yang muncul abadi dari zaman ke zaman, sementara Marvel Comics menghasilkan lebih banyak tokoh superhero.

DC (Detective Comics) didirikan pada 1934, sedangkan Marvel Comics didirikan pada 1939. Saat ini, kedua perusahaan itu menguasai 80 persen pasar komik di Amerika Serikat.

Karakter paling sukses dan dikenal publik DC adalah Superman yang diperkenalkan pada 1938 dan Batman pada 1939. Karakter paling sukses dari Marvel adalah Fantastic Four yang diperkenalkan pada 1961, Spiderman yang diperkenalkan pada 1962, dan X-Men pada 1963. Tokoh-tokoh ini yang membuat kedua perusahaan komik ini dikenal luas oleh publik Amerika Serikat.

Film superhero pertama DC adalah adaptasi dari Batman yang dibuat pada 1966, diperankan oleh Adam West. Film pertama Marvel adalah Howard The Duck yang dibuat pada 1986, dan diproduseri oleh George Lucas.

DC pada mulanya menguasai film-film superhero melalui seri film Superman yang dimulai pada 1978 dan Seri Batman yang dimulai pada 1989. Sedangkan Marvel baru mulai dikenal luas publik sejak film Spiderman dikeluarkan pada 2002, dan mampu mengalahkan DC dalam hal penonton dan jumlah penjualan tiket.

Tidak pernah ada film superhero yang pernah mendapatkan nominasi film terbaik. Namun ada dua film superhero yang mendapatkan nominasi film terburuk, yaitu Howard the Duck pada 1986 dan Catwoman pada 2004.

Baca juga: Para Superhero yang Akan Muncul Dalam Deadpool 2

Related

Entertaintment 8792071184588634540

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item