5 Pasangan Artis Indonesia yang Diketahui Menikah Siri

5 Pasangan Artis Indonesia yang Diketahui Menikah Siri

Naviri.Org - Menikah siri adalah istilah untuk pernikahan yang dilakukan di bawah tangan, dalam arti tidak tercatat oleh negara. Seperti kita tahu, pernikahan di Indonesia harus sah berdasarkan agama dan berdasarkan hukum negara. Sah menurut agama artinya memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh agama terkait pernikahan, meliputi adanya saksi, maskawin, dan lain-lain. Sementara sah menurut aturan negara meliputi pencatatan di kantor sipil terkait status pernikahan mereka.

Nikah siri umumnya hanya sah menurut agama, namun tidak atau belum sah berdasarkan aturan negara. Karenanya, pernikahan siri tidak tercatat di kantor catatan sipil, karena memang tidak didaftarkan.

Ada beragam alasan yang melatari orang melakukan pernikahan siri. Bukan hanya dilakukan orang biasa, nikah siri juga dilakukan beberapa artis Indonesia. Berikut ini lima di antaranya.

Lyra Virna dan Muhammad Fadlan

Pernah mengalami kegagalan di masa lalu, membuat Lyra Virna dan Muhammad Fadlan menjadi dekat. Dua pasangan artis ini dekat dan memutuskan untuk menikah pada 2014 lalu. Bukan di Indonesia, keduanya melangsungkan pernikahan di Mekkah saat itu. Sayang, bukannya mendapat ucapan selamat, pasangan ini malah sempat dihujat setelah menikah.

Pasangan ini sering digosipkan memiliki hubungan tak harmonis dengan keluarga Fadlan. Tak hanya itu, Lyra disebut-sebut sebagai orang ketiga dari pernikahan Fadlan sebelumnya. Pun demikian, keduanya enggan menanggapi berita miring itu.

Dua tahun berlalu, keduanya pun akhirnya sah menikah, baik secara agama maupun negara. Hal tersebut terungkap setelah Fadlan mengunggah foto pernikahan serta buku nikah miliknya.

Ahmad Dhani dan Mulan Jameela

Ahmad Dhani dan Mulan Jameela dikabarkan telah menikah pada 2008 lalu. Mereka menikah secara siri, dan menjadi perbincangan panjang banyak orang.

Pasalnya, pernikahan mereka berlangsung saat Ahmad Dhani masih menjadi suami Maia Estianty. Delapan tahun bersama hingga memiliki dua anak, Dhani dan Mulan belum berencana mendapatkan pernikahan secara resmi.

Tommy Kurniawan dan Fatimah Tania Nadira

Tahun 2014 menjadi tahun bahagia bagi Tommy Kurniawan dan istrinya, Fatimah Tania Nadira. Tepat di tahun tersebut, keduanya melaksanakan isbath nikah atau penetapan nikah di Pengadilan Agama (PA) Tigaraksa, Tangerang. Seperti yang diketahui, mereka sempat melangsungkan pernikahan secara siri pada 2011 lalu.

Pernikahan siri yang dilakoni Tommy saat itu terjadi lantaran tidak adanya restu dari ibu mertuanya. Bahkan ibunda Tania, Hana Hasanah, melaporkan Tommy atas tindak penculikan buah hatinya. Meski sempat tak direstui, rumah tangga Tommy dan Tania akhirnya diakui sang ibu. Hal ini terjadi setelah lahirnya putra pertama mereka, bernama Muhammad Al Fatih Fabrizio.

Bambang Trihatmodjo dan Mayangsari

Tak kalah dengan pernikahan Mulan Jameela dan Ahmad Dhani, ada satu lagi pernikahan siri yang juga heboh dibicarakan banyak orang. Yaitu pasangan Bambang Trihatmodjo dan Mayangsari. Keduanya menjadi pasangan suami istri pada 2011 lalu.

Sayang, hingga kini keduanya belum diketahui sudah melakukan isbath nikah atau belum. Pasalnya, keduanya tak lagi menjadi sorotan.

Bondan Prakoso dan Margareth Caroline

Jauh dari sorotan media, mantan penyanyi cilik Bondan Prakoso ternyata sudah berstatus sebagai ayah. Pelantun tembang Bunga ini diketahui telah menikahi kekasihnya, Margareth Caroline Fatah, pada 17 Desember 2007 lalu, dengan mas kawin berupa seperangkat alat shalat dan 17 gram emas. Tapi pernikahan tersebut berlangsung secara siri.

Bukan tanpa alasan, pernikahan siri tersebut terjadi lantaran ketidakhadiran mertua Bondan yang tengah berada di Belanda. Empat tahun berlalu, Bondan akhirnya meresmikan pernikahan di Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Dalam pernikahan tersebut, Bondan juga telah dikaruniai anak bernama Kara Anabelle Prakoso.

Baca juga: 5 Artis Indonesia yang Meninggalkan Pasangan Gara-gara Kasus

Related

Celebrity 6075101096581357412

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item