Kronologi Peristiwa 12 Remaja Thailand Terjebak di Dalam Gua

 Kronologi Peristiwa 12 Remaja Thailand Terjebak di Dalam Gua

Naviri Magazine - Dua belas remaja Thailand dan seorang pelatih sepak bola mereka dikabarkan terjebak di dalam gua, dan berita itu menjadi salah satu berita yang menyita perhatian banyak orang di dunia, akhir-akhir ini. Berbagai pihak pun telah turun tangan untuk membantu pemerintah Thailand dalam upaya mengeluarkan warga mereka yang terjebak di dalam gua.

Sebenarnya, bagaimana kronologi peristiwa itu, hingga ada 13 orang (12 remaja dan pelatih mereka) terjebak di dalam gua?

Kejadian berawal saat 12 remaja, anggota tim sepak bola Wild Boars, dan pelatih mereka, memasuki Gua Tham Luang Nang Non, di Thailand Utara pada 23 Juni lalu. Gua tersebut merupakan tempat yang sering dikunjungi turis, namun direkomendasikan hanya boleh dimasuki sejauh satu kilometer.

Karena suatu alasan, anak-anak dan pelatih tersebut memberanikan diri untuk masuk lebih dalam ke gua tersebut, dan melewati tanda yang memperingatkan orang untuk tidak masuk ke dalam jika sedang musim hujan, yang biasanya dimulai pada Juli.

Seorang penjaga dari taman nasional itu pun memberi tahu pihak berwenang karena menemukan sepeda anak-anak dan pelatihnya masih dirantai pada saat taman tutup.

Pencarian di gua pun dimulai, Senin (25/6). Angkatan Laut Thailand memposting di Facebook bahwa mereka menemukan jejak tangan ke-12 remaja di dinding gua, namun masih belum menemukan mereka. Air yang membanjiri gua juga membuat tim sepak bola tersebut tidak bisa keluar.

Selasa (26/6), Tim AL Thailand memasang kamp di sekitar gua, dan terus melakukan pencarian. Dua hari berikutnya, mereka harus menghentikan pencarian karena hujan lebat yang membuat keselamatan mereka terancam.

Pada Jumat (28/6), tim dari China pun tiba di lokasi hilangnya ke 12 remaja dan pelatihanya itu. Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-o-cha, pun mendatangi lokasi pencarian di gua.

Sabtu (29/6), Tim dari Australia ikut bergabung dengan tim internasional lainnya yang melakukan pencarian di gua.

Pencarian di gua untuk menyelamatkan 12 remaja Thailand dan pelatihnya, yang terjebak akibat hujan lebat selama sembilan hari, akhirnya membuahkan hasil.

Tim penyelamat gabungan dari Angkatan Laut Thailand, Polisi Federal Australia (AFP), 11 pakar penyelamatan China, 32 tentara Amerika Serikat, tiga penyelam dan seorang pakar gua dari Inggris, juga tim penyelamat dari Myanmar dan Laos, berhasil menemukan ke 12 remaja dan pelatihnya di dalam Gua Tham Luang Nang Non, Thailand Utara.

Senin (2/7) tim penyelamat berhasil menemukan lokasi kedua belas anak-anak tersebut dan pelatihnya. Kabar itu disambut bahagia semua orang, karena semua remaja dan pelatihnya selamat.

Lewat video yang dirilis dari AL Thailand, tim penyelamat menemukan tim sepak bola tersebut.

"Ada berapa orang kalian?" kata penyelamat tersebut.

"13 orang," jawab anak-anak tersebut.

"13 orang, bagus sekali! Kami akan menyelamatkan kalian, banyak orang yang datang untuk menyelamatkan kalian."

"Hari apa ini?" tanya anak-anak tersebut.

"Senin, kalian sudah terjebak disini selama 10 hari, kalian benar-benar kuat, kami akan menyelamatkan kalian," jawab penyelamat tersebut.

Dengan ditemukannya anggota tim sepak bola tersebut, membuat para keluarga dan para netizen ikut senang. Namun, tim penyelamat masih belum bisa mengeluarkan ke-12 remaja dan pelatihnya dari gua di Thailand itu. Satu-satunya cara adalah dengan mengajari mereka menyelam.

Kendala lain, kondisi mereka sangat lemah, sehingga tidak memungkinkan untuk menyelam. Ke-12 remaja yang masih belia itu kelaparan dan berada di tempat yang gelap mempengaruhi tubuh mereka.

Pemerintah Thailand berencana mengirimkan makanan dan dokter untuk mengecek kondisi mereka, hingga kondisi tubuh ke-12 remaja dan pelatihnya siap untuk menyelam dan keluar dari gua.

Baca juga: Mengapa Cuaca di Indonesia Akhir-akhir Ini Sangat Dingin?

Related

News 5361576986049672456

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item