Kylie Jenner Menjadi Perempuan Muda Terkaya di Dunia

Kylie Jenner Menjadi Perempuan Muda Terkaya di Dunia

Naviri Magazine - Siapa yang tak kenal Kylie Jenner? Bagi kaum milenial, khususnya yang aktif di internet, pasti kenal Kylie Jenner. Dia selebritas di dunia nyata, juga selebritas di dunia maya. Sosoknya menawan, kreatif, dan menjadi idola banyak remaja di dunia. Belakangan, Kylie Jenner tidak hanya menjadi selebritas, tapi juga pengusaha di bidang kosmetik.

Perempuan kelahiran 10 Agustus 1997 ini merupakan pendiri sekaligus pengusaha Kylie Cosmetics, yang hit di kalangan pecinta dunia kecantikan.

Kylie Cosmetics juga yang membawanya hingga dinobatkan menjadi salah satu dari 60 Perempuan Pengusaha Terkaya (Richest Self-Made Women) di Amerika versi majalah Forbes. Memang ia "hanya" menempati peringkat ke-27, tetapi, dalam usia 21 tahun, dia adalah yang termuda dalam daftar tersebut.

Oleh karena itulah Forbes memilihnya untuk menghiasi sampul muka edisi 31 Agustus 2018 majalah tersebut.

"Saya selalu tertarik dengan bidang kecantikan, tapi saya tak pernah menduga bisa bersenang-senang setiap hari sambil melakukan pekerjaan saya," jelas Jenner di dalam video wawancaranya dengan Forbes.

Jenner juga tak pernah menduga bahwa usahanya membuahkan hasil yang bernilai cukup fantastis.

Forbes membeberkan apa saja yang menjadi tolak ukur hingga Jenner masuk dalam daftar bergengsi tersebut.

Sejak awal berdirinya pada 2016 hingga kini, Kylie Cosmetics telah meluncurkan banyak sekali produk. Dari yang mulanya hanya memiliki rangkaian lipstik dan pensil bibir, kini perusahaan asal Amerika Serikat itu telah memproduksi perona mata, perona pipi, concealer, hingga highlighter.

Harga yang dibanderol pun tak terlampau mahal, hanya berkisar antara US $29 atau Rp416 ribu hingga US $48 atau sekitar Rp688 ribu.

Dari sana, Kylie Cosmetics telah mencapai angka penjualan hingga $630 juta AS atau senilai Rp9 triliun, termasuk $330 juta (Rp4 triliun) dari penjualan tahun lalu. Forbes juga menaksir, perusahaannya tersebut bernilai hingga $800 juta atau setara dengan Rp11,4 triliun.

Dari perusahaannya ini saja, perempuan yang lahir 10 Agustus 1997 tersebut ditaksir meraup kekayaan bersih senilai $900 juta atau setara dengan Rp12,9 triliun. Dengan perusahaan yang menjual dagangan secara daring, Jenner praktis tak memiliki banyak pegawai, biaya sewa tempat, dan sebagainya.

Ia tercatat hanya memiliki tujuh orang pegawai penuh waktu, lima pegawai paruh waktu, dan sisanya (bagian penjualan dan produksi) merupakan karyawan kontrak dari perusahaan penyedia jasa (outsource). Seluruh keuntungan bersih pun masuk ke kantong Jenner sebagai pemilik tunggal.

"Media sosial adalah platform yang luar biasa," kata Jenner. "Saya jadi punya akses yang mudah kepada para penggemar dan pelanggan."

Berkembangnya media sosial, juga jumlah penggunanya, memang memungkinkan orang untuk bisa mengembangkan usaha tanpa perlu modal yang lebih besar untuk promosi dan memiliki/menyewa bangunan untuk memajang barang dagangan.

Satu lagi perempuan pengusaha via media sosial yang masuk dalam daftar tersebut adalah Huda Kattan (34), sama-sama pesohor Instagram dan memiliki lini kosmetik.

Kini Jenner diramalkan akan memecahkan rekor sebagai warga AS termuda yang bisa mengumpulkan harta hingga hitungan miliar dolar. Pemegang rekor saat ini adalah bos Facebook, Mark Zuckerberg, yang berusia 23 tahun saat mengumpulkan 1 miliar dolar pertamanya.

Jenner pun mendapat banyak ucapan selamat, termasuk dari ibu dan kakak-kakaknya.

"Saya sangat bangga denganmu @kyliejenner dan semua yang telah kamu capai. Kamu bekerja tanpa kenal lelah untuk bisnismu, bersemangat, dan presisi. Sebagai ibu, itu membuat sangat gembira melihatmu melanjutkan mimpi @kyliecosmetics jadi nyata!" sorak sang ibu, Kris Jenner, di akun Twitter-nya.

Sayangnya, kesuksesan Kylie Jenner juga mendapat tanggapan tak sedap dari warganet. Banyak yang menilai, penggunaan kata self-made tidaklah tepat disematkan di titel bagi Kylie Jenner. Sebab, ibu satu anak tersebut lahir dari keluarga konglomerat. Ia dinilai bisa dengan mudah mendapatkan modal untuk memulai usahanya.

Namun, hingga saat ini baik Jenner maupun keluarga besarnya tampak tak terlalu menanggapi komentar pedas warganet.

Baca juga: Artis-artis Seksi dengan Follower Instagram Terbanyak

Related

Celebrity 1934146155715308278

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item