10 Iblis Paling Terkenal dan Mengerikan di Dunia

10 Iblis Paling Terkenal dan Mengerikan di Dunia

Naviri Magazine - Dunia selalu diwarnai kebaikan dan kejahatan, dan manusia ada di tengah-tengahnya. Di satu waktu, manusia condong kepada kebaikan, sementara di satu waktu lain condong kepada kejahatan. Dalam hal itu, kebanyakan kita percaya bahwa kebaikan diwakili oleh malaikat atau Tuhan, sementara kejahatan dan keburukan diwakili oleh iblis atau setan.

Dalam banyak kepercayaan, iblis atau setan memiliki misi menggoda manusia agar menjadi jahat, buruk, dan menentang Tuhan. Karenanya, selama hidup, manusia akan terus dibujuk dan digoda setan agar menjadi pengikut mereka. Dalam hal itu, berbagai kepercayaan mengenal banyak setan atau iblis, dan berikut ini adalah sepuluh iblis yang paling terkenal.

Abaddon

Abaddon atau Apollyon merupakan iblis yang memiliki arti "Kebinasaan" atau "Si Penghancur". Ia disebut-sebut sebagai raja dari lubang tanpa dasar (jurang maut) yang berisi jiwa-jiwa yang tersesat, dan raja dari musibah belalang (locust).

Ia sering disetarakan dengan Asmodeus, yang merupakan salah satu raja neraka, serta dikatakan bahwa ia yang pada akhirnya akan membawa kebinasaan ke dunia.

Azazel (Shamash)

Azazel disebut salah satu dari 4 Raja Neraka, selain Astaroth, Beelzebub, dan Satan. Ia sering dikaitkan dengan kegelapan dan kekeringan di padang pasir, bahkan Azazel yang dikatakan membuat kejahatan di dunia, hingga akhirnya Air Bah datang untuk membersihkan kejahatan tersebut.

Astaroth (Inanna/Isis)

Sama seperti Azazel, ia merupakan salah satu dari 4 Raja Neraka. Astaroth digambarkan sebagai iblis berwujud manusia dengan sayap, menggunakan mahkota, memegang ular di satu tangan, serta menaiki makhluk yang memiliki sayap naga dan ekor ular.

Sebagai iblis, ia menggoda dan menarik manusia ke siksaan tiada akhir. Tetapi, di sisi lain, ada yang mengatakan bahwa ia yang memberi manusia kekuatan untuk menguasai ular.

Leviathan

Ia sering digambarkan sebagai makhluk dengan mulut besar mengerikan di laut, yang akan memangsa segalanya. Leviathan merupakan perwakilan dari 7 Dosa Mematikan (7 Deadly Sins), yakni iri (envy).

Mengapa ia sering dikaitkan dengan mulut besar mengerikan dan laut? Hal itu karena Leviathan merupakan penguasa lautan yang menyimbolkan air, bersama dengan Behemoth si penguasa daratan, dan Ziz si penguasa udara. Mulut besarnya disebabkan karena ia penjaga neraka, dan mulutnya sering diasosiasikan sebagai pintu neraka.

Asmodeus (Asmoday)

Dalam kisah 9 tingkatan neraka, Asmodeus muncul sebagai salah satu raja dalam tingkatan tersebut. Asmodeus merupakan perwakilan dari 7 Dosa Mematikan (7 Deadly Sins) yang mewakili nafsu birahi (lust).

Ia sering diasosiasikan dengan wujud kuat, dan memiliki 3 kepala. Yang pertama adalah banteng, yang kedua menyerupai manusia, dan yang ketiga adalah domba jantan. Selain itu, ia memiliki ekor ular, dan dari mulutnya muncul api.

Manusia yang tergoda Asmodeus akan dihukum selamanya dalam neraka tingkat dua (neraka bagi mereka yang terkait dosa seks dan pikiran kotor).

Belphegor

Merupakan salah satu dari 7 Pangeran Neraka yang merupakan perwakilan dari kemalasan (sloth). 7 Pangeran Neraka merupakan sebutan untuk iblis yang mewakili 7 Dosa Mematikan (7 Deadly Sins). Memiliki wujud sebagai iblis mengerikan yang berjenggot, memiliki tanduk, dan berkuku tajam.

Ia memberi kekayaan dengan cara apa pun, biasanya melalui penemuan-penemuan luar biasa. Setelah orang itu kaya, biasanya ia akan bermalas-malasan, dan hal itulah yang diincar oleh Belphegor, karena ia bertugas menghasilkan kemalasan yang pada akhirnya berujung ke perpecahan di antara manusia.

Mammon

Beberapa versi mengatakan bahwa Mammon adalah anak Satan yang merupakan salah satu dari 7 Pangeran Neraka, dengan simbol keserakahan dan kekayaan (greed).

Mammon sering diasosiasikan dengan wujud iblis yang sangat rakus pada uang, kaya, juga pelit. Ia menambah kekayaan dengan merampas kekayaan para penyembahnya.

Beelzebub (Baal/Bael)

Beelzebub merupakan Raja Pertama Neraka yang juga menyimbolkan "kerakusan". Ia mengajak manusia untuk memilih-milih makanan, makan-makanan yang mahal, banyak, secara rakus.

Ia sering diasosiasikan dengan wujud Dewa Lalat, dan keberadaannya merupakan musibah.

Lucifer

Lucifer dapat diartikan sebagai 'Bintang Kejora' atau 'Pembawa Cahaya', merupakan nama Satan sebelum ia diusir dari surga karena telah menentang Tuhan, dan menjadi malaikat yang jatuh (fallen angel). Ia merupakan perwakilan dari 7 Dosa Mematikan (7 Deadly Sins).

Pada awalnya, Lucifer merupakan malaikat dengan peringkat tertinggi, yang selalu dekat dengan Tuhan. Karena itu, Tuhan memperbolehkannya untuk berkuasa atas bumi.

Sayangnya, Lucifer sangat mencintai dirinya (kebanggaan) dan ingin berkuasa atas semuanya. Hal itu membuat peperangan antara malaikat, dan malaikat Michael mengusir Lucifer dari surga, bersamaan dengan malaikat lain yang mendukungnya. Namanya pun diubah menjadi Satan.

Satan

Mungkin ada yang bingung, mengapa Satan disebutkan lagi? Padahal Lucifer merupakan Satan sendiri. Hal ini disebabkan karena beberapa versi membedakan Satan dan Lucifer, dimana Lucifer adalah perwakilan dari kebanggaan, dan Satan adalah perwakilan dari kemarahan di 7 Dosa Mematikan.

Sebagian lain beranggapan, 'kebanggaan' dan 'kemarahan' sebenarnya disimbolkan oleh Satan secara bersamaan. Pada saat dirinya sebagai Lucifer, ia telah memiliki dosa 'kebanggaan'. Sedangkan begitu ia diusir dari surga, dan diubah namanya menjadi Satan, ia mewakili lagi 1 dosa, yakni 'kemarahan'.

Banyak orang juga mempercayai bahwa semua iblis lain, seperti Beelzebub, Leviathan, Mephistopheles, dan seterusnya, merupakan identitas lain Satan. Bersamaan dengan nama lainnya, Lucifer, ia dipercaya oleh manusia sebagai Iblis paling kuat dan berkuasa atas neraka.

Baca juga: Misteri Anneliese Michel, di Antara Setan dan Eksorsisme

Related

Mistery 8952743177842947656

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item