200 Juta Tahun Lalu, Semua Hewan di Bumi Adalah Reptil

 200 Juta Tahun Lalu, Semua Hewan di Bumi Adalah Reptil

Naviri Magazine - Ada suatu masa yang disebut “zaman reptil”. Zaman reptil berlangsung kira-kira 200 juta sampai 65 juta tahun yang lalu. Selama zaman tersebut, semua jenis hewan darat dan banyak dari mereka yang hidup di laut adalah reptil. Kebanyakan dari mereka sudah punah di masa sekarang.

Reptil (hewan melata) adalah kelompok hewan vertebrata berdarah dingin, dan memiliki sisik yang menutupi tubuhnya. Reptilia adalah tetrapoda (hewan dengan empat tungkai), dan menghasilkan telur yang embrionya diselubungi membran amniotik.

Pada saat ini, reptil dikelompokkan dalam empat ordo, yaitu Ordo Crocodilia (buaya, garhial, caiman, dan aligator) yang terdiri atas 23 spesies, Ordo Sphenodontia (tuatara Selandia Baru) yang terdiri atas 2 spesies, Ordo Squamata (kadal, ular, dan amphisbaenia atau worm-lizards) yang terdiri atas sekitar 7.900 spesies, dan Ordo Testudinata (kura-kura, penyu, dan terrapin) yang terdiri atas sekitar 300 spesies.

Mayoritas reptil adalah hewan ovipar (bertelur) meski beberapa spesies Squamata bersifat vivipar (melahirkan). Reptil vivipar memberi makan janin mereka menggunakan sejenis plasenta yang mirip dengan mamalia.

Baca juga: Mengapa Udang Punya Antena? Ini Jawaban Ilmiahnya

Related

Science 1945737550258643729

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item