5 Fakta tentang Quantum Realm di Film Ant-Man & The Wasp

 5 Fakta tentang Quantum Realm di Film Ant-Man & The Wasp

Naviri Magazine - Ant-Man & The Wasp adalah sekuel film Ant-Man. Kali ini, Scott Lang a.k.a Ant-Man (Paul Rudd) tidak berjuang sendirian sebagai superhero, tapi ditemani oleh Hope van Dyne a.k.a The Wasp (Evangeline Lilly).

Inti cerita film ini mengisahkan upaya mereka untuk menyelamatkan Janet van Dyne (Michelle Pfeiffer) yang terjebak dalam dunia Quantum Realm. Upaya itu dibantu oleh Dr. Hank Pym (Michael Douglas), yang menciptakan aneka teknologi bagi Scott Lang serta lainnya.

Dalam upaya penyelamatan tersebut, Ant-Man dan The Wasp harus memasuki dimensi yang disebut Quantum Realm, karena di dalam dimensi itulah Janet van Dyne terjebak. Quantum Realm adalah dimensi mikroskopik yang tentu tidak bisa dimasuki setiap orang.

Tapi apa sebenarnya Quantum Realm tersebut, dan apa hubungan Quantum Realm dengan kisah-kisah superhero Marvel di masa depan? Berikut ini uraiannya.

Quantum Realm adalah dimensi baru yang diperkenalkan dalam MCU

Quantum Realm termasuk salah satu dimensi yang diperkenalkan dalam Marvel Cinematic Universe. Keberadaan Quantum Realm pertama kali dikenal dalam film Ant-Man (2015) lalu. Scott Lang menyusut ke dalam ukuran sub-atomik, dan terjebak dalam Quantum Realm. Scott Lang berhasil keluar setelah menggunakan blue-disk yang ia pasang untuk kembali ke ukuran normal.

Quantum Realm juga sempat diperkenalkan dalam film Doctor Strange (2016), saat The Ancient One dan Doctor Stephen Strange menjelajah multiverse. Quantum Realm adalah dimensi atau realitas tempat ruang dan waktu menjadi tidak relevan. Sampai saat ini, masih banyak hal yang belum diketahui soal Quantum Realm.

Janet Van Dyne pernah terjebak dalam Quantum Realm

Scott Lang bukan orang pertama yang pernah terjebak dalam Quantum Realm. Janet Van Dyne, generasi pertama The Wasp sekaligus istri Dr. Hank Pym, juga pernah terjebak dalam Quantum Realm ketika melakukan misi bersama Hank Pym. Janet Van Dyne terjebak dalam Quantum Realm selama 30 tahun, hingga akhirnya diselamatkan dalam film Ant-Man & The Wasp.

Perlu alat khusus untuk masuk ke dimensi Quantum Realm

Sama seperti dimensi lainnya yang pernah diperkenalkan dalam MCU, untuk mengakses dimensi Quantum Realm dibutuhkan alat tertentu. Misal, untuk mengakses Mirror Dimension, seperti pada film Doctor Strange, menggunakan alat bernama Sling Ring.

Untuk mengakses dimensi Quantum Realm, dalam film sebelumnya diperkenalkan teknologi Pym Particle, yang memungkinkan penggunanya berubah ke ukuran mikroskopik. Dalam film Ant-Man & The Wasp, Dr. Hank Pym dan Hope van Dyne merancang Quantum Tunnel dan transportasi khusus untuk menjelajah Quantum Realm.

Dalam komik, Quantum Realm disebut Microverse

Dalam komiknya, Quantum Realm dikenal dengan nama Microverse. Namun, nama ini telah menjadi satu paket dalam produk komik Marvel, bernama Micronauts, yang hak ciptanya dipegang oleh Paramount. Untuk itu, pihak Marvel Studios menggunakan nama lain untuk menjelaskan dimensi mikroskopik ini.

Dr. Spyridon Michalakis, seorang fisikawan kuantum dari California Institute of Technology, yang juga merupakan fisikawan konsultan untuk beberapa film Marvel (Doctor Strange, Ant-Man, dan Captain Marvel), menyarankan untuk menggunakan nama Quantum Realm.
Hubungan Quantum Realm dengan film MCU di masa depan

Karena belum banyak eksplorasi Marvel mengenai dunia ini, Quantum Realm dapat menjadi gerbang dimensi alternatif untuk menceritakan film-film MCU di masa depan. FIlm Marvel selanjutnya, yakni Captain Marvel yang dijadwalkan rilis tahun depan, telah dikonfimasi akan berkaitan dengan dimensi ini.

Ada kemungkinan juga, film Doctor Strange selanjutnya akan mengeksplorasi dimensi ini. Pasalnya, di film sebelumnya, Doctor Strange sempat mengunjungi Quantum Realm.

Itu beberapa informasi mengenai dimensi Quantum Realm. Tentang bagaimana eksplorasi pihak Marvel Cinematic Universe tentang dimensi ini, mungkin akan lebih dijelaskan dalam film-film selanjutnya. Kita tunggu saja.

Baca juga: 5 Fakta Misterius di Balik Kisah 'Ant Man and The Wasp'

Related

Film 9057720526769585705

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item