Bikin Petisi di Vietnam Bisa Membuat Orang Ditangkap

Bikin Petisi di Vietnam Bisa Membuat Orang Ditangkap

Naviri Magazine - Di internet sering ada petisi yang isinya tuntutan terhadap suatu hal, yang dianggap terkait dengan kepentingan orang banyak. Di Indonesia, misalnya, kita mengenal situs Change yang isinya banyak petisi tentang beragam hal yang bisa kita dukung dengan menandatanganinya.

Kita di Indonesia tentu sudah biasa melakukan dukungan atau memberi tanda tangan untuk petisi-petisi tertentu. Tapi hal itu bisa berbahaya kalau dilakukan di Vietnam. Orang sana bisa ditahan polisi hanya karena menandatangani petisi.

Pemerintah Vietnam memberlakukan aturan ketat di internet, namun bisa dibilang tidak secara frontal. Artinya, selama para pengguna internet di negara itu tidak menyinggung pemerintah, semuanya akan dianggap baik-baik saja.

Namun, Vietnam tidak akan segan-segan menangkap siapa pun yang dinilai mengkritik pemerintah.

Pada 2006, sebuah group di internet menuntut reformasi di bidang politik, dan tuntutan itu mereka sampaikan dalam sebuah petisi online yang ditandatangani ratusan orang yang menggunakan nama asli.

Hasilnya, pemerintah Vietnam langsung bertindak. Sebanyak 10 orang yang ikut menandantangani petisi itu ditahan, sementara yang lain masuk dalam pengawasan.

Baca juga: Internet, Lambang Kebebasan yang Dikekang di Banyak Negara

Related

World's Fact 4573946812166240183

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item