Bagaimana Cara Penguin Bisa Menyelam Sampai Lama?

Bagaimana Cara Penguin Bisa Menyelam Sampai Lama?

Naviri Magazine - Ketika mencari makanan di bawah air, penguin mampu berenang dan menyelam untuk waktu yang lama, sekitar 20 menit, hanya dengan satu tarikan napas. Mereka diketahui dapat menyelam lima kali lebih lama dibanding manusia yang menyelam di kedalaman yang sama, pada perairan yang lebih hangat.

Sebagai perbandingan, penguin dapat menyelam hingga kedalaman lebih dari 600 meter, sementara manusia hanya dapat menyelam sedalam sekitar 100 meter jika tidak menggunakan alat bantuan.

Kemampuan penguin tersebut dimungkinkan karena organ tubuh mereka tetap dapat berfungsi dengan baik ketika tingkat oksigen pada paru-parunya sangat rendah—sesuatu yang akan mengakibatkan manusia kehilangan kesadaran jika mengalami kondisi sama.

Penguin memiliki volume darah yang lebih tinggi, sehingga lebih banyak oksigen dalam darah mereka.

Selain itu, darah penguin juga mengandung lebih banyak hemoglobin, protein yang mengangkut oksigen melalui darah, dan penguin juga memiliki mioglobin lebih banyak dalam tubuh mereka, yang berfungsi menyimpan oksigen dalam otot.

Karena itu, ketika sedang menyelam, penguin memiliki banyak cadangan oksigen yang dapat mereka gunakan. Bahkan, penguin juga dapat menurunkan detak jantung mereka ketika sedang menyelam, sehingga dapat menghemat cadangan oksigen yang mereka miliki.

Yang lebih menakjubkan, penguin juga memiliki kemampuan untuk mengendalikan bagaimana dan kapan otot mereka menggunakan oksigen.

Dengan kemampuan itu, penguin dapat beralih di antara dua mode penggunaan oksigen—menghentikan pasokan oksigen ke otot mereka, atau memberi otot mereka semburan pasokan oksigen tambahan sesaat untuk menjaga otot mereka tetap bekerja.


Related

Science 7046421552403640275

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item