Ternyata, Ikan Memiliki Indra Penciuman yang Tajam

Ternyata, Ikan Memiliki Indra Penciuman yang Tajam

Naviri Magazine - Ikan memiliki indra penciuman. Meski mungkin tidak terlihat, namun sebenarnya ikan juga memiliki hidung, yang disebut nostril, dan memiliki dua lubang atau celah.

Kedua lubang itu bersisian—depan belakang, tidak berjajar seperti lubang hidung manusia—dan dipisahkan sebuah sekat kecil. Letak nostril pada setiap jenis ikan mungkin berbeda-beda, namun yang jelas ikan memiliki indra penciuman karena keberadaan nostril tersebut.

Ketika seekor ikan berada di dalam air, aliran air masuk melalui lubang depan, dan mengalir melalui lubang di belakangnya. Ketika air masuk ke dalam, air tersebut akan merangsang sel saraf yang membuat ikan mampu mengidentifikasi jenis bau dalam air.

Banyak ikan yang bahkan memiliki kemampuan penciuman yang tajam, sehingga dapat mencium bau yang paling samar sekalipun.

Karena kenyataan itu pulalah yang menjadikan banyak pemancing sengaja menggunakan bau makanan ikan untuk menarik perhatian ikan-ikan agar terpancing kailnya.


Related

Science 656038973671824611

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item