Makhluk-makhluk Raksasa Paling Mengerikan di Bumi

 Makhluk-makhluk Raksasa Paling Mengerikan di Bumi

Naviri Magazine - Kita tentu mengenal siput, karena hewan itu bisa ditemukan di lingkungan sekitar. Seberapa besar siput yang biasa kita lihat? Mungkin tidak besar, karena rata-rata siput di sekitar kita hanya seukuran segenggaman tangan, atau bahkan lebih kecil. Namun, ada siput yang luar biasa besar, yaitu siput darat Afrika. Sebegitu besar, siput itu pun terkenal sebagai siput raksasa.

Siput darat Afrika bahkan salah satu spesies siput terbesar di dunia, dan dapat tumbuh sampai 20 cm panjangnya. Mereka menyantap lebih dari 500 jenis tumbuhan, bahkan dapat memakan dinding rumah!

Meski berukuran menakjubkan, mereka dianggap salah satu spesies invasif terburuk, karena kemampuannya dalam menyantap hampir segalanya, dan banyak bereproduksi. Mereka berasal dari Afrika, namun sekarang dapat ditemukan di Cina, India, Asia Tenggara, Karibia, Brasil, Florida, dan Venezuela.

Selain siput darat Afrika yang berukuran raksasa, berikut ini hewan-hewan lain yang sama-sama memiliki ukuran luar biasa.

Aligator bagai monster

Hanya sedikit orang yang cukup beruntung dapat melihat makhluk raksasa tersebut,  yang disebut Humpback, di Florida, AS. Ahli-ahli margasatwa memperkirakan, aligator tersebut memiliki berat kira-kira 360 kg dan panjang lima meter. Itu sepanjang sebuah mobil keluarga!

Kuda berukuran tidak wajar

Menurut Rekor Dunia Guinness, kuda terbesar adalah kuda berumur 9 tahun dari spesies kuda Gelding Belgia. Terakhir kali diukur, tingginya sedikit lebih dari 2 meter, dan itu tanpa mengenakan sepatunya.

Hiu kuno berukuran raksasa

Para ilmuwan menganggap bahwa megalodon punah ketika makanan favoritnya hilang dari samudra. Megalodon adalah hiu terbesar yang pernah hidup. Super-predator bersirip yang menyeramkan ini hidup di lautan sekitar 2,3 sampai 16 juta tahun yang lalu.

Menurut para ilmuwan, megalodon dapat tumbuh sampai 18 meter panjangnya, atau hampir sepanjang dua bus bertingkat yang dijajarkan. Tidak hanya badan yang besar, megalodon juga memiliki mulut yang sangat besar.

Para ilmuwan menganggap megalodon memangsa hiu-hiu yang lebih kecil, seperti hiu prasejarah Eobalaenoptera. Bahkan Eobalaenoptera sudah cukup besar. Mereka dapat tumbuh sampai 10,7 meter, atau sebesar lapangan tenis.

Anjing bertubuh kolosal

Zeus si anjing digambarkan oleh pemiliknya sebagai raksasa yang lembut, dan bekerja sebagai anjing terapi di rumah sakit dan sekolah di tempat tinggalnya di Amerika. Tingginya mencapai 111,8 cm, atau kira-kira setinggi keledai. Saat ia berdiri menggunakan kaki belakangnya, tingginya lebih dari 2,1 meter!

Raksasa yang lembut ini berbobot kira-kira sama dengan pria dengan tinggi 180 cm, jadi ia tentu menonjol dibanding anjing-anjing lainnya. Sayangnya, ia mati karena tua di tahun 2014.

Kucing yang fenomenal

Ludo adalah kucing terbesar di bumi. Ludo adalah kucing jenis Maine Coon, yang terkenal dengan ukuran besarnya. Ludo berukuran panjang 118,33 cm dan jelas makhluk yang terlalu besar untuk digendong!

Pemiliknya, Kelsey, harus memasukkannya ke dalam tas untuk anjing ketika mereka berpergian, karena Ludo tidak muat masuk ke tas yang dibuat untuk kucing. Ia mengatakan bahwa memiliki kucing yagn besar itu menguntungkan, karena ia tidak pernah kesulitan mencarinya di rumah.

Paus yang luar biasa

Dengan panjang 29,87 m, sedikit lebih panjang dari 3 bus dua tingkat yang dijajarkan, dan berbobot lebih dari 160 ton, paus biru dipercaya sebagai hewan terbesar yang pernah hidup di bumi.

Paus biru sangat banyak ditemui di semua samudra bumi, sampai perburuan hampir membuatnya punah. Larangan perburuan yang dimulai pada tahun 1966 telah menyelamatkan spesies ini.

Sekarang, diperkirakan ada sekitar 10.000 sampai 25.000 ekor paus biru. Namun, karena sifatnya yang suka menyendiri, sulit untuk mengetahui jumlah pastinya, meski pun dengan ukuran yang luar biasa.

Baca juga: Fakta Keganasan Piranha yang Jarang Diketahui Dunia

Related

Science 621882076007348466

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item