Misteri Megalodon, Hiu Raksasa dari Zaman Purba

Misteri Megalodon, Hiu Raksasa dari Zaman Purba

Naviri Magazine - Di zaman purba, hewan-hewan memiliki ukuran yang luar biasa besar, jauh lebih besar dibanding hewan-hewan yang kita kenal sekarang. Hewan-hewan besar itu tidak hanya hidup di darat, tapi juga di lautan. Jika di darat ada hewan-hewan raksasa yang disebut dinosaurus, di lautan juga ada hewan-hewan raksasa serupa, salah satunya adalah Megalodon.

Megalodon adalah hiu di zaman purba. Keberadaan hiu ini kembali ramai diperbincangkan, setelah muncul dalam trailer film The Meg dan tayangan Megalodon: Fact vs. Fiction di Discovery Channel. Seperti apa sebenarnya hewan raksasa tersebut?

Fakta pertama yang perlu diketahui, megalodon bukan nama sebenarnya.

Sebagian ahli paleontologi mengklasifikasikan predator prasejarah ini termasuk genus Carcharocles. Ada pula yang menganggapnya masuk genus Carcharodon. Maka nama ilmiahnya adalah Carcharocles megalodon atau Carcharodon megalodon.

Seberapa besar sebenarnya hiu gigantik ini? Hingga sekarang, yang bisa dilakukan para ahli hiu sekalipun hanyalah memperkirakan. Sebab, kerangka megalodon lengkap belum ditemukan, dan diragukan akan muncul suatu saat nanti.

Estimasi ukuran megalodon dilakukan dengan mengamati sisa-sisa peninggalan gigi yang tersebar, kolom tulang belakang tanpa tubuh, dan kotoran yang membatu. Ini membuatnya sangat menantang.

Iktiologis—ahli perikanan—John E. Randall pernah membandingkan tinggi enamel hiu putih dan gigi megalodon. Kalau proporsi tubuh Megalodon sama seperti hiu putih, maka ikan prasejarah itu diperkirakan memiliki panjang sekitar 13 meter.

Ada pula ilmuwan Clifford Jeremiah yang menggunakan lebar akar gigi megalodon, dan menghitung bahwa ukuran megalodon dewasa bisa mencapai 16,7 meter. Dengan rumus lain, ahli biologi Michael Gottfried dan tim menyimpulkan, ukuran Megalodon mencapai hampir 16 meter dan berat 48 ton. Perhitungan oleh ahli lain menyebutkan ukuran hiu ini dalam kisaran 20 hingga hampir 25 meter.

Sebagai perbandingan, spesies terbesar yang hidup saat ini adalah hiu paus, dengan panjang hingga 12,1 meter. Estimasi para ahli menyatakan megalodon lebih panjang, dan jauh lebih berat. Ini menjadikannya hiu terbesar, bahkan mungkin ikan terbesar sepanjang masa.

Megalodon adalah pemakan paus. Fakta ini terungkap dari temuan fosil tulang-tulang paus dengan bekas luka yang sangat cocok dengan ukuran dan gerigi gigi megalodon.

Seperti kebanyakan hiu, megalodon juga terus melepaskan giginya. Fosil gigi ini telah ditemukan di setiap benua, kecuali Antartika. Analisis gigi memungkinkan para ilmuwan menentukan bahwa spesies ini hidup hingga 2,6 juta tahun lalu, dan ukurannya benar-benar besar.


Related

Science 4429457177902548857

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item