Bagaimana Cara Membedakan Banteng Jantan dan Betina?

Bagaimana Cara Membedakan Banteng Jantan dan Betina?

Naviri Magazine - Tidak sulit membedakan banteng jantan dan betina, karena secara fisik mereka cukup berbeda. Banteng jantan memiliki kulit berwarna biru sampai hitam, atau cokelat gelap.

Tanduknya panjang melengkung ke atas, dan memiliki punuk di bagian pundak. Sedang banteng betina berkulit cokelat kemerahan, tanduknya pendek mengarah ke dalam, dan tidak memiliki punuk.

Panjang tubuh seekor banteng jantan dewasa berkisar antara 190 sampai 225 sentimeter, sedangkan panjang ekornya sekitar 65 sampai 70 sentimeter.

Berat tubuhnya bisa mencapai 680 sampai 810 kilogram, dan yang terbesar kadang sampai berbobot 1 ton. Banteng betina memiliki bobot yang lebih ringan, dan penampilannya pun lebih ramping.

Di mana habitat banteng?

Banteng menghuni kawasan hutan yang memiliki banyak tumbuhan, juga hutan-hutan bambu. Hewan ini bisa dijumpai di daerah Asia Tenggara, terutama Indonesia, Thailand, Kamboja, Myanmar, Laos, dan Vietnam.

Di Indonesia, banteng bisa ditemukan di kawasan pulau Jawa, Kalimantan, dan Bali.

Baca juga: Bagaimana Hewan-hewan Kutub Mampu Bertahan Hidup?

Related

Science 5560556368402304850

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item