Sejarah dan Asal Usul Lahirnya Yoghurt di Dunia

Sejarah dan Asal Usul Lahirnya Yoghurt di Dunia

Naviri Magazine - Sejak kapan manusia mengenal yoghurt? Ada bukti yang ditemukan bahwa produk susu budidaya telah diproduksi sebagai makanan sejak sekitar 4.500 tahun yang lalu.

Yoghurt pertama mungkin terfermentasi secara spontan oleh bakteri liar yang hidup di tas kulit kambing yang dibawa oleh bangsa Bulgar, orang nomadik yang mulai bermigrasi ke Eropa pada abad ke-2 Masehi dan akhirnya menetap di Balkan pada akhir abad ke-7.

Di masa sekarang, banyak negara yang memiliki dan memproduksi yoghurt sendiri, meski sampai sekarang belum ada bukti jelas mengenai siapa yang menemukan yoghurt.

Satu teori menyebutkan bahwa yoghurt digunakan pertama kali oleh orang-orang Turki kuno. Teori itu terdapat dalam dua buku, yaitu Diwan Lughat al-Turk yang ditulis Mahmud Kashgari dan Kutadgu Bilig yang ditulis Yusuf Has Hajib.

Kedua buku yang ditulis pada abad ke-11 itu menyebutkan kata “yoghurt” dalam beberapa bagian, dan digambarkan sebagaimana yang digunakan oleh orang Turki nomadik.

Dalam catatan sejarah mengenai klinik di Prancis, digambarkan bahwa orang Eropa mulai mengenal yoghurt ketika raja Prancis, Francis I, menderita diare yang mematikan, dan tidak ada dokter Prancis yang mampu menyembuhkannya.

Kemudian, sekutunya, Suleiman si Hebat, mengirim seorang dokter untuknya. Si dokter memberikan pengobatan berupa yoghurt, yang kemudian menyembuhkannya. Dipercaya, sejak itulah orang Eropa mulai mengenal yoghurt.

Baca juga: Ternyata, Labu Raksasa Bisa Tumbuh di Dunia Nyata

Related

History 868496021172071043

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item