Eciton Burchellii, Semut Mengerikan dari Hutan Amazon

Eciton Burchellii, Semut Mengerikan dari Hutan Amazon

Naviri Magazine - Semut tentara (Eciton burchellii) adalah spesies semut asal Amazon, dan hidup di hutan Amazon. Ukuran panjangnya sekitar 1 sentimeter, namun memiliki sengat yang besar dan kuat, yang panjangnya setengah dari ukuran tubuh semut tersebut.

Yang mengerikan, kawanan semut tentara dikenal mampu “menghabisi” makhluk hidup apa pun yang kebetulan dilewatinya, sebesar apa pun ukurannya. Selain itu, karena mereka buta, maka kawanan semut itu pun tidak pernah peduli sebesar apa ukuran hewan yang “dihabisinya”.

Disebut semut tentara, karena satu koloni semut ini terdiri atas lebih dari satu juta ekor, dan seluruhnya adalah batalion bergerak.

Berbeda dengan semut lain yang biasa membuat sarang untuk tempat tinggal, semut tentara tidak membuat sarang selain hanya tempat tinggal sementara. Ketika ratu mereka akan menetaskan telur, mereka akan berdiam sebentar di mana pun, kemudian akan terus bergerak seiring jumlah mereka yang semakin banyak.

Di lantai hutan Amazon, koloni semut ini bagaikan karpet bergerak yang mematikan. Sambil merambat perlahan-lahan, pasukan berbahaya itu akan terus “menghabisi” semua hewan yang tidak sengaja berpapasan dengan mereka.

Beberapa laporan menyebutkan bahwa hewan sebesar kuda sekali pun bisa “bersih” tinggal tulang ketika bertemu dengan koloni semut tersebut.

Sebutan semut tentara memang sangat tepat untuk spesies semut itu, karena mereka bersedia menggunakan badan mereka untuk menjadi apa pun bagi kebutuhan koloninya—menjadi benteng yang menahan serangan musuh, menjadi atap untuk menghindari dampak cuaca buruk, sampai menjadi jembatan agar kawanan mereka dapat menyeberang dengan mudah—sejauh apa pun, dan selama apa pun. Pendeknya, mereka sama sekali tidak bisa dihentikan.

Baca juga: Mengapa Paruh Burung Rangkong Berwarna-warni?

Related

Science 9109404764790498283

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item