Mengapa Tubuh Ikan Tidak Berbulu? Ini Penjelasan Ilmiahnya

 Mengapa Tubuh Ikan Tidak Berbulu? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Naviri Magazine - Sebagian besar hewan yang memiliki bulu adalah hewan berdarah panas. Yang dimaksud “berdarah panas” adalah memiliki suhu tubuh yang selalu tetap, misalnya anjing, kucing, juga manusia.

Meski berada di tempat bersuhu sangat dingin atau sangat panas, suhu tubuh hewan berdarah panas selalu tetap. Ketetapan suhu itu dimungkinkan karena adanya bulu-bulu di tubuh mereka.

Ikan tidak termasuk hewan berdarah panas. Sebaliknya, ikan adalah hewan berdarah dingin yang suhu tubuhnya berubah sesuai suhu lingkungan di luarnya. Karena ikan tidak harus menjaga suhu tubuhnya agar selalu tetap seperti hewan berdarah panas, ikan pun tidak memiliki bulu.

Selain itu, jika ikan memiliki bulu, udara akan masuk melalui celah-celah di antara bulunya, sehingga ikan tidak bisa berenang sampai ke laut dalam.

Bulu juga akan menyebabkan gesekan antara air dan tubuh ikan menjadi lebih besar, sehingga ikan susah bergerak. Karena itu, ikan pun tidak memerlukan bulu.

Baca juga: Mengapa Ikan Bisa Bernapas di Air, dan Bagaimana Caranya?

Related

Science 8931418842960177042

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item