Mengapa Ikan Bisa Bernapas di Air, dan Bagaimana Caranya?

 Mengapa Ikan Bisa Bernapas di Air, dan Bagaimana Caranya?

Naviri Magazine - Ikan bisa bernapas di dalam air, karena memiliki insang yang memungkinkan hal itu. Insang yang dimiliki ikan berfungsi untuk menyerap oksigen di dalam air, dan menggunakannya untuk metabolisme energi.

Jika hewan darat—dan juga manusia—bernapas dengan mengambil oksigen di udara melalui paru-paru, ikan bernapas dengan mengambil oksigen di air melalui insang.

Secara fungsional, insang tidak berbeda dengan paru-paru pada manusia dan mamalia lainnya. Yang membedakan hanyalah insang mampu menyerap oksigen dalam air yang hanya tersedia dalam konsentrasi sangat kecil.

Selain itu, insang juga berfungsi untuk mempertahankan tingkat tertentu dari natrium klorida (garam) dalam aliran darah ikan.

Bagaimana cara ikan bernapas?

Mula-mula, ikan memasukkan air ke dalam mulutnya. Air didorong ke insang di dalam tubuh ikan, dan keluar melalui celah-celah insang, yang biasanya berada di sisi kanan dan kiri di belakang kepala.

Pembuluh darah pada insang menyerap oksigen dari air dan darah, kemudian membawanya ke seluruh tubuh. Begitulah cara ikan bernapas di dalam air.

Baca juga: Cacing Iblis, Makhluk Mengerikan yang Hidup di Dasar Laut

Related

Science 4418466540033734569

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item