Mengapa Ular Menjulur-julurkan Lidahnya yang Bercabang?

 Mengapa Ular Menjulur-julurkan Lidahnya yang Bercabang?

Naviri Magazine - Pendengaran dan penglihatan ular tidak cukup baik untuk memburu mangsa, tetapi mereka dapat merasakan getaran di tanah, dan mereka memiliki penciuman yang hebat. Indra yang hebat itu terdapat pada lidahnya.

Cabang pada lidah ular berfungsi agar ular dapat merasakan jejak yang lebih luas, dibanding kalau ular tidak memiliki lidah yang bercabang.

Pada waktu menjulur-julurkan lidah dari mulutnya, ular dapat merasakan partikel-partikel bau yang ditinggalkan oleh hewan lain. Di langit-langit mulut ular terdapat lubang yang dibatasi sel-sel yang sangat sensitif terhadap bau, yang disebut organ Jacobson.

Ular menjulur-julurkan lidahnya ke udara atau ke tanah, kemudian mendorong lidahnya itu ke arah lubang yang ada di dalam mulutnya, untuk menguji bau yang mungkin mengarah ke makanan.

Dengan cabang yang ada di lidahnya, ular dapat memperoleh informasi yang lebih banyak mengenai bau-bauan di sekelilingnya, dibanding jika lidahnya tidak bercabang.

Baca juga: Mengapa Hewan Modern Lebih Kecil Dibanding Hewan Purba?

Related

Science 8967414833425889007

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item