Mengapa Burung-burung Terbang Membentuk Huruf V?

Mengapa Burung-burung Terbang Membentuk Huruf V?

Naviri Magazine - Pada waktu burung terbang, udara yang ada di belakang ujung sayapnya akan berputar-putar naik. Apabila burung lain terbang dalam pusaran udara yang naik tersebut, maka burung itu akan dapat menghemat 15 persen energi yang harus digunakannya jika dia terbang sendirian.

Dengan membuat formasi huruf V, maka burung-burung dalam rombongan itu pun akan dapat menghemat energinya. Pemimpin burung yang ada di posisi paling depan adalah satu-satunya burung yang tidak menghemat energi ketika mereka terbang bersama.

Karena itu, burung-burung yang lain biasanya akan menggantikan posisinya untuk berbagi beban sebagai pemimpin.

Formasi itu menghemat energi, karena masing-masing burung terbang di aliran udara dari burung yang ada di depan. Burung bangau adalah salah satu jenis burung yang biasa menggunakan teknik terbang tersebut.

Bagaimana cara menghitung burung di dunia? 

Kita tidak bisa menghitung burung, karena di setiap benua di dunia terdapat burung, sehingga mustahil untuk dapat menyebutkan dengan pasti berapa banyak jumlah yang ada. Bahkan, hingga saat ini, para ilmuwan masih terus menemukan spesies baru.

Baca juga: Nuri Spix, Burung Paling Langka di Dunia

Related

Science 8077460960918670015

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item