Di Turki, Aneka Produk Amerika Dibakar dan Disingkirkan

 Di Turki, Aneka Produk Amerika Dibakar dan Disingkirkan

Naviri Magazine - Turki sedang mengalami hubungan yang tegang dengan Amerika Serikat (AS), dan ketegangan itu berimbas pada menguatnya perasaan anti-Amerika di negara tersebut. Pasalnya, akibat ketegangan hubungan yang terjadi, nilai tukar mata uang Turki, yaitu lira, mengalami penurunan hingga 40% terhadap dolar.

Krisis ini dipicu oleh desakan Washington agar pendeta berkewarganegaraan AS, Andrew Brunson, dibebaskan dari semua dakwaan hukum di Turki.

Brunson ditahan setelah aparat di Turki menuduhnya terlibat dalam kudeta militer yang gagal pada 2016. Ia juga dituduh terkait kelompok teroris. Brunson, yang telah berada di Turki dalam 20 tahun terakhir, ditahan pada 2016 dan sekarang berstatus tahanan rumah.

Ankara menolak permintaan Washington, yang membuat Presiden Trump menerapkan tarif baji dan aluminium.

Kekhawatiran dampak ekonomi dari tarif yang diterapkan Amerika membuat nilai tukar mata uang Turki, lira, turun tajam terhadap dolar. Sejak awal tahun, nilai lira melemah hampir 40%, dengan perunan terbesar terjadi pada Agustus.

Banyak pihak di Turki berpandangan Amerika sengaja membuat Turki lemah. Presiden Recep Tayyip Erdogan, dalam satu kesempatan, mengatakan, "Serangan terhadap ekonomi Turki sama dengan serangan terhadap bendera Turki dan serangan terhadap azan. Tujuannya sama, membuat bangsa dan rakyat Turki ambruk."

Di Istanbul, media memberitakan warga membakar atau menggunting dolar. Yang lain menghancurkan sesuatu yang sepertinya iPhone.

Sebelumnya, Presiden Erdogan mendorong warga memboikot produk Amerika, termasuk iPhone, dan meminta warga memakai telepon genggam buatan dalam negeri atau buatan Korea Selatan.

Selain dolar dan iPhone, 'korban' lain ketegangan hubungan Turki-Amerika adalah film koboi.

Selama berpuluh-puluh tahun, stasiun televisi pemerintah selalu menayangkan film koboi pada Ahad pagi. Kini, film-film koboi diganti dengan film keluarga. Media di Turki memberitakan, film koboi terakhir yang ditayangkan adalah Big Jake, yang disiarkan pada 19 Agustus lalu.

Dewan penyiaran pemerintah memperingatkan apa yang mereka sebut ekspansi imperialisme dan budaya Amerika melalui film.

Di Ankara, seorang wali kota menolak mengeluarkan izin gedung yang dipakai McDonalds dan Starbucks.

Baca juga: Imbas Nilai Dolar Naik, Pajak Barang Impor Akan Dinaikkan

Related

News 4030607788722433698

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item