Penyelamatan Anak-anak di Thailand dan Tuntutan Hukum pada Elon Musk

Penyelamatan Anak-anak di Thailand dan Tuntutan Hukum pada Elon Musk

Naviri Magazine - Masih ingat kisah penyelamatan anak-anak Thailand yang terjebak di dalam goa, beberapa waktu yang lalu? Kisah itu menarik perhatian dunia, dan mata semua orang tertuju ke sana.

Berbagai pihak mengulurkan tangan untuk ikut membantu, termasuk dari Amerika, Inggris, dan negara-negara lain. Bahkan Elon Musk sempat menawari untuk membuat kapal selam mini, untuk menyelamatkan anak-anak tersebut.

Kini, kisah itu sebenarnya sudah selesai, dan anak-anak yang terjebak di dalam goa sudah diselamatkan. Namun buntutnya rupanya masih panjang.

Seorang penyelam asal Inggris, yang ikut serta dalam misi penyelamatan 12 remaja Thailand terperangkap di goa, resmi melayangkan gugatan terhadap bos SpaceX sekaligus pendiri Tesla, Elon Musk.

Penyelam bernama Vernon Unsworth mengajukan gugatan pada Senin (17/9/2018) di Los Angeles, California, atas perbuatan Musk yang menyebutnya "pedo", yang berarti pedofil. BBC mewartakan, Musk telah melakukan sejumlah tuduhan tanpa bukti terhadap Unworsth, termasuk tudingan dia merupakan pemerkosa anak.

Dalam gugatan hukum itu, kompensasi diajukan senilai 75.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,1 miliar, dan Musk diminta untuk menghentikan semua tudingannya lebih lanjut.

"Ganti rugi dan kompensasi untuk menghukum atas kesalahannya, dan mencegahnya mengulangi perilaku keji seperti itu," demikian tertulis pada gugatan tersebut.

AFP mengabarkan, sebelumnya Musk sempat menyampaikan permintaan maaf setelah dia berkicau di Twitter yang menyebut Unsworth sebagai "pedo". Namun, dia kembali menyulut perselisihan pada Agustus lalu, dengan mengirim e-mail ke BuzzFeed News.

Pada surat elektronik itu, Musk menuding Unsworth merupakan seorang pemerkosa anak, menikahi anak berusia 12 tahun, dan terlibat dalam perdagangan seks anak.

Saat Unsworth sedang mempertimbangkan untuk mengajukan gugatan, Musk kembali mengunggah pernyataan kontroversial. "Bukankah Anda berpikir ini aneh karena dia tidak juga menuntut saya?" kicaunya, saat membalas komentar dari pengguna lain.

Selain mengajukan tuntutan di California, Unsworth juga akan melayangkan gugatan terhadap Musk di Pengadilan Tinggi London.

Perseteruan antara Musk dan Unsworth bermula ketika bos SpaceX itu ingin ambil bagian dalam misi penyelamatan anak-anak di goa Tham Luang, Thailand, dengan menawarkan kapal selam mini buatannya.

Baca juga: "Kejengkelan" Steve Wozniak kepada Elon Musk

Related

News 1001874955567412000

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item