Fakta-fakta Unik Seputar Kutu di Rambut Manusia

Fakta-fakta Unik Seputar Kutu di Rambut Manusia

Naviri Magazine - Kutu rambut hidup di rambut manusia, dan tidak jarang terasa menjengkelkan karena membuat gatal. Namun, kutu tersebut sebenarnya tidak berbahaya serta tidak menularkan penyakit.

Kutu rambut dapat hidup di rambut yang kotor ataupun bersih. Kutu rambut tidak dapat terbang, sehingga mereka senang dengan lingkungan yang ramai, karena dengan itu mereka dapat berpindah (melompat) dari kepala seseorang ke kepala yang lain untuk mendapatkan tempat makan yang baru.

Mengapa kutu rambut bertubuh pipih?

Kutu rambut memiliki tubuh yang pipih, karena bentuk tubuh itu memungkinkan mereka mudah menyelip di antara rambut tempatnya berada.

Mereka juga memiliki kaki pendek yang memungkinkan mereka berpegangan dengan erat ketika si pemilik rambut menggaruk kepalanya. Kutu jenis lain memiliki bentuk tubuh pipih dengan alasan yang sama.

Seberapa tinggi kutu rambut dapat melompat?

Kutu rambut dapat melompat hingga setinggi 20 sentimeter, sementara kutu kucing bahkan dapat melompat lebih tinggi—mencapai 34 sentimeter. Itu merupakan lompatan yang menakjubkan, mengingat tubuh mereka yang sangat kecil.

Kutu menyimpan tenaganya dalam sebuah selaput protein. Ketika energi yang tersimpan itu dilepaskan, mereka pun dapat melesat ke udara.

Baca juga: Setiap Hari, Ratu Rayap Bisa Menghasilkan 30.000 Telur

Related

Science 2968302717533702440

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item