Setiap Hari, Ratu Rayap Bisa Menghasilkan 30.000 Telur

Setiap Hari, Ratu Rayap Bisa Menghasilkan 30.000 Telur

Naviri Magazine - Berapa banyak jumlah rayap di dunia? Jumlahnya tak terhitung, karena begitu banyak. Di daerah tropis, jutaan rayap hidup dan jumlah mereka diperkirakan mencapai 4.000 ekor per meter persegi, bahkan kadang dua kali lebih banyak.

Di dalam tanah sedalam satu kilometer persegi, terdapat jumlah rayap yang beratnya melebihi berat seluruh gajah yang sedang makan pada vegetasi yang berada di atas tanah.

Berapa banyak telur yang dihasilkan ratu rayap?

Pekerjaan ratu rayap hanya bertelur, sehingga—ketika perutnya membesar karena terisi telur—dia memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibanding rayap pekerja yang ada di sekelilingnya. Pada beberapa spesies, seekor ratu rayap dapat bertelur hingga 30.000 telur per hari.

Mengapa ada sarang yang disebut rayap magnetik?

Rayap magnetik hidup di Australia, dan mereka membangun sarang dengan bentuk datar yang tajam.

Bagian sisi yang datar mengarah ke timur dan barat—menangkap kesejukan pagi dan matahari sore—namun hanya sedikit bagian sisi yang menghadap ke utara—ke arah matahari di tengah hari—sehingga hanya sedikit bagian sarang yang terkena matahari pada saat yang paling panas.

Sarang itu sering kali digunakan sebagai kompas oleh manusia ketika berada di hutan, dan karena hal itulah sarang mereka memperoleh nama magnetik.

Baca juga: Kupu-kupu, Hewan dengan Penglihatan Paling Tajam di Dunia

Related

Science 226545012029924410

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item