7 Film Perang dan Petualangan yang Berdasar Kisah Nyata

7 Film Perang dan Petualangan yang Berdasar Kisah Nyata

Naviri Magazine - Film-film bertema perang dan petualangan banyak diminati penonton, karena menyuguhkan kisah yang mendebarkan, menegangkan, sekaligus menyentuh hati. Karena itu pula, banyak film bertema perang dan petualangan yang sengaja didasarkan pada kisah nyata, agar efek yang timbul makin membekas di benak penonton.

Berikut ini adalah 7 film bagus bertema perang dan petualangan, yang didasarkan pada kisah nyata. Dari kisah pemuda yang ingin mengasingkan diri ke alam liar, kisah perjalanan seorang calon tokoh revolusi, sampai petualangan anak-anak SMA yang bertekad membuat roket.

Into The Wild

Into the Wild adalah film drama Amerika tahun 2007, yang mengisahkan petualangan Christopher McCandless. Film ini disutradarai oleh Sean Penn, yang sekaligus menulis naskahnya.

Christopher McCandless (Emile Hirsh) adalah mahasiswa cerdas, yang baru lulus dari Emory University. Dia bisa saja melanjutkan pendidikan ke Harvard, dengan didukung tabungan yang dimiliki. Namun, keadaan dan perilaku keluarganya yang menjengkelkan membuatnya ingin mengasingkan diri.

The Motorcycles Diaries

The Motorcycle Diaries adalah film biografi berbahasa Spanyol tahun 2004, yang disutradarai oleh Walter Salles. Film yang temanya diangkat dari buku catatan harian Guevara dan Granado ini menceritakan perjalanan Ernesto "Che" Guevara (yang kemudian terkenal sebagai seorang revolusioner Marxisme) muda dan sahabatnya, Alberto Granado, di wilayah Amerika Selatan.

Sebelum Ernesto menyelesaikan gelar kedokterannya, dia dan sahabatnya, Alberto, yang usianya lebih tua, meninggalkan Buenos Aires untuk bepergian di sepanjang wilayah Amerika Selatan, mencari kesenangan dan petualangan, hingga mencapai tujuan terakhir, Venezuela. Sarana transportasi mereka berupa motor Norton 500 Alberto yang butut dan telah bocor, yang dijuluki La Poderosa ("Si Perkasa") oleh mereka.

The Sea Inside 

The Sea Inside adalah film Spanyol tahun 2004, yang disutradarai oleh Alejandro Amenabar. Film yang berdasarkan kisah nyata ini dibintangi oleh Javier Bardem yang memerankan tokoh Ramon Sampedro, seorang nelayan asal Galicia, Spanyol, yang bagian bawah tubuhnya lumpuh akibat kecelakaan sewaktu menyelam.

Ramon berkampanye selama 30 tahun untuk mendukung aksi eutanasia dan hak mengakhiri hidup.

Pada Piala Oscar ke-77, film ini meraih penghargaan pada kategori Film Berbahasa Asing Terbaik. Penghargaan untuk kategori yang sama juga diraih di Golden Globe 2004. Sedangkan pada Penghargaan Goya, The Sea Inside meraih 14 gelar, di antaranya Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, Aktris Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik, Aktris Pendukung Terbaik, dan Skenario Asli Terbaik.

The Pianist

The Pianist adalah film yang diproduksi pada 2002, yang disutradarai oleh Roman Polanski, dengan bintang utama Adrien Brody yang berperan sebagai Wladyslaw Spilzman. Film ini diinspirasi sebuah memoir karangan Wladyslaw Spilzman, seorang pianis Yahudi Polandia.

Film ini mendapat anugerah Palme d'Or di Festival Film Cannes. Juga mendapatkan Penghargaan Oscar. Wladyslaw Szpillman (diperankan oleh Adrein Brody) adalah pianis yang bermain di Polish Radio. Pada tahun 1939, Szpillman yang orang Yahudi ditempatkan di penjara Yahudi.

Setelah beberapa kali sembunyi, dalam keadaan kelaparan, ia bertemu dengan fans-nya, Dorota (Emilia Fox). Szpillman pun disembunyikan di sebuah rumah oleh Dorota dan suaminya. Namun perjuangan hidupnya terus berlanjut saat serangan bom semakin brutal, dan Szpillman berusaha melarikan diri.

The Insider

The Insider dirilis pada 1999. Dibintangi oleh banyak bintang papan atas Hollywood, film ini menceritakan kisah nyata seorang mantan eksekutif perusahaan rokok, Jeffrey Wigand (diperankan oleh Russell Crowe).

Pada intinya, film ini mengisahkan kegagalan penayangan program televisi "60 Minutes" dari stasiun televisi CBS, yang menampilkan wawancara dengan Jeffrey Wigand yang hendak membongkar kecurangan industri rokok, terutama perusahaan rokok Brown & Williamson (B&W), bekas tempat kerjanya dulu. Akibat kegagalan tersebut, integritas jurnalisme CBS pun runtuh.

Schindler's List

Schindler's List adalah film tahun 1993, berdasarkan novel Schindler's Ark karya Thomas Keneally, yang diterbitkan di Amerika Serikat dengan judul Schindler's List, dan diedarkan kembali di negara-negara Persemakmuran dengan judul itu pula.

Filmnya yang diadaptasi oleh Steven Zaillian, dan disutradarai oleh Steven Spielberg, mengisahkan riwayat Oskar Schindler, seorang pengusaha Katolik Jerman yang berperan menyelamatkan nyawa lebih dari seribu orang Yahudi Polandia pada masa Holocaust.

Judulnya merujuk pada daftar nama 1.100 orang Yahudi yang dipekerjakan Schindler di pabriknya, dan karenanya tidak dikirim ke kamp-kamp konsentrasi.

October Sky

Film yang diangkat dari kisah nyata ini disutradarai oleh Joe Johnston. Dengan pemain yang tak asing lagi bagi penonton, seperti Jake Gyllenhaal (Inception, The Day After Tommorow, Source Code, Prince Of Persian), Chris Cooper (The Bourne Identity, The Company Men) dan Laura Dern (I Am Sam).

Dilatarbelakangi peluncuran satelit pertama dalam sejarah umat manusia, Sputnik, pada bulan Oktober 1957, para siswa kelas 3 SMA terdorong untuk meluncurkan satelit buatan sendiri.

Pembuatan roket mereka tidak berjalan mulus seperti yang dibayangkan. Banyak sekali percobaan yang mereka lakukan. Roket tidak meluncur, roket meledak, bahkan sampai membuat kebakaran hutan. Tapi itu bukan masalah utama. Masalah utamanya adalah, mereka tidak di izinkan orangtuanya untuk membuat roket.

Orangtua mereka berharap mereka menjadi penambang batu bara seperti keluarganya. Namun, berkat usaha dan kerja keras bersama rekannya, Homer berhasil mengikuti Lomba Sains Nasional. Dan menjadi pemenang urutan pertama dalam lomba tersebut. Dengan demikian, mereka mendapat beasiswa untuk kuliah.

Baca juga: Sinopsis Poltergeist III, Kisah Teror dari Hantu Mengerikan

Related

Film 1516797481238908670

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item