10 Hewan dengan Masa Hidup Paling Singkat di Dunia

10 Hewan dengan Masa Hidup Paling Singkat di Dunia

Naviri Magazine - Hewan, sebagaimana manusia, memiliki rentang hidup yang dibatasi usia. Sebagian hewan memiliki usia yang panjang, sehingga dapat hidup lebih lama. Namun, sebagian lain hanya memiliki usia pendek, hingga masa hidup mereka pun relatif singkat. Masa hidup singkat bagi hewan bisa dimulai dari waktu beberapa tahun sampai beberapa jam.

Di antara hewan-hewan yang memiliki masa hidup singkat, berikut ini adalah yang paling singkat.

Kelinci 

Mamalia kecil ini memiliki usia dengan rentang antara 8-12 tahun. Ada beberpa faktor penyebab kematian hewan ini, umumnya adalah kanker rahim atau karena timbunan lemak.

Kelinci adalah hewan yang sangat rentan terhadap penyakit, terutama yang betina.
Mereka mengonsumsi makanan dengan jumlah tinggi, yang juga menimbulkan berbagai problem kesehatan.

Marmut

Hewan asal Amerika Selatan ini memiliki rentang usia sekitar 4 tahun. Hewan ini disebut juga guinea pig, namun tidak termasuk spesies babi. Marmut memiliki berbagai corak dan warna, dan tak jarang juga dipelihara karena tampilannya yang imut.

Mosquito fish

Mosquito fish adalah salah satu spesies ikan air tawar yang hidup di daerah Amerika Serikat. Ukuran tubuhnya ramping dan kecil, serta warna yang sedikit transparan.

Ikan ini memiliki rentang usia sekitar 2 tahun. Namun, ikan yang hidup di penangkaran mampu hidup sedikit lebih lama daripada yang hidup di alam liar

Bunglon

Bunglon adalah reptil kecil yang mampu berkamuflase dengan lingkungan sekitar, dengan cara mengubah warna tubuhnya. Namun, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa perubahan warna itu sebenarnya tergantung mood si bunglon. Untuk usia hidup, bunglon memiliki usia sekitar 1 tahun.

Tikus rumah

Ada beberapa spesies tikus di dunia, namun yang memiliki masa hidup paling singkat adalah  tikus rumah, yakni kurang lebih 1 tahun.

Karena usia hidup mereka yang cukup singkat, tikus memiliki kemampuan reproduksi sangat tinggi. Satu betina mampu menghasilkan anak sekitar belasan hingga puluhan dalam sekali bereproduksi.

Capung

Capung adalah serangga mirip helikopter yang populer di kalangan anak-anak kecil zaman dulu. Untuk masa hidup, capung hanya mampu bertahan sekitar 4 bulan. Sementara untuk jumlah spesies, hewan ini memiliki setidaknya 5.000 spesies di seluruh dunia.

Lalat rumah

Lalat hanya mampu bertahan hidup sekitar 4 minggu. Karenanya, lalat betina semasa hidup akan memproduksi setidaknya 1.000 telur untuk menjaga populasi mereka.

Semut drone

Drone ants atau semut drone adalah spesies semut yang memiliki sayap. Untuk masa hidup, drone ants hanya memiliki waktu 3 minggu. Berbeda dengan kebanyakan semut lainnya, semut drone adalah hewan pemalas.

Gastrotrich

Gastrotrich adalah makhluk mikro organisme yang hidup di perairan. Makhluk ini begitu kecil, dengan ukuran tubuh tak lebih dari 3 milimeter. Warnanya transparan, dan biasanya bergerak mengikuti arus air.

Makhluk ini memiliki organ jantan dan betina, sehingga mereka tak perlu mencari pasangan untuk bereproduksi. Untuk masa hidup, hewan kecil ini hanya memiliki usia 3 hari.

Mayflies

Mayflies, atau disebut juga lalat capung, memiliki usia paling singkat di dunia, yaitu hanya 24 jam. Bahkan beberapa dari mereka hanya mampu bertahan 4 jam saja. Ketika mereka datang ke dunia, mereka datang hanya untuk bertemu, menari bersama, kemudian mati setelah kawin.

Baca juga: Langka dan Mengerikan, Inilah Makhluk Paling Aneh di Dunia

Related

Science 3517737075064182631

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item