Ikan Mengerikan yang Menggergaji Mangsanya

Ikan Mengerikan yang Menggergaji Mangsanya

Naviri Magazine - Di laut, ada ikan yang disebut ikan gergaji (Pristis microdon). Sebagaimana namanya, ikan ini memiliki struktur serupa gergaji di bagian moncongnya, yang memiliki reseptor untuk mendeteksi medan listrik dan gerakan dalam air. Dengan struktur gergaji itu pula, ikan itu menggergaji mangsanya.

Ketika menemukan mangsa, ikan gergaji akan menyambar si mangsa dengan moncongnya yang tajam, kemudian menyobek dan menggergajinya beberapa lama hingga tubuh si mangsa terbelah. Setelah itu, moncong ikan ini akan beraksi melahapnya.

Ikan gergaji dianggap sebagai predator yang ulung, karena memiliki sensor elektrik serta struktur gergaji yang tidak dimiliki ikan-ikan lainnya. Namun, akibat adanya gergaji itu pula, ikan ini sering tersangkut di jaring nelayan, sehingga banyak yang tertangkap.

Pada saat ini, ikan gergaji dinyatakan terancam punah berdasarkan data International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Baca juga: Memahami Perbedaan Undur-undur dengan Capung

Related

Science 5510266962225443602

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item