Ikan Tuna, Ikan Laut dengan Harga Termahal di Dunia

Ikan Tuna, Ikan Laut dengan Harga Termahal di Dunia

Naviri Magazine - Tuna adalah ikan laut yang terdiri dari beberapa spesies, dan termasuk dalam famili Scombridae, terutama genus Thunnus. Ikan tuna adalah perenang andal—catatan yang ada menunjukkan mereka dapat berenang dengan kecepatan hingga 77 kilometer per jam.

Tidak seperti kebanyakan ikan yang memiliki daging berwarna putih, daging ikan tuna berwarna merah muda sampai merah tua. Hal itu disebabkan karena otot tuna lebih banyak mengandung myoglobin daripada ikan lainnya.

Beberapa spesies tuna yang lebih besar, seperti tuna sirip biru (bluefin tuna), dapat menaikkan suhu darahnya di atas suhu air dengan aktivitas ototnya. Hal ini menyebabkan mereka dapat hidup di air yang lebih dingin, dan dapat bertahan dalam kondisi yang beragam.

Tuna adalah ikan yang memiliki nilai komersial tinggi. Seekor tuna seberat 202 kilogram pernah terjual seharga ¥20.200.000 atau sekitar Rp. 2,2 miliar pada tahun 2001.

Di tahun yang sama, seekor tuna sirip biru berbobot 342 kilogram terjual dengan harga ¥32.490.000 atau sekitar Rp. 3,5 miliar, yang menjadikannya sebagai ikan termahal di dunia.


Related

Science 4188702011318784414

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item