Berapa Banyak Jenis Burung yang Telah Punah di Dunia?

Berapa Banyak Jenis Burung yang Telah Punah di Dunia?

Naviri Magazine - Sejak tahun 1600, lebih dari 150 jenis burung yang telah punah—dan jumlah itu diperkirakan lebih banyak lagi.

Tidak hanya penjelajah Eropa yang menimbulkan kerusakan alam sehingga berdampak pada kehidupan burung-burung, penemuan arkeologi menunjukkan bahwa ketika zaman dulu orang pertama kali tiba di Hawaii dan pulau-pulau Pasifik Selatan dan Karibia, mereka membunuh banyak burung yang bahkan belum pernah dilihat orang Eropa sebelumnya.

Mengapa jalak Bali terancam punah?

Jalak Bali termasuk burung paling langka di dunia. Jumlahnya saat ini diperkirakan hanya sekitar seratus ekor, dan hanya terdapat di Taman Nasional Bali Barat.

Deforestasi (pembukaan atau penyempitan hutan) menjadi penyebab terbesar terancamnya populasi burung jalak Bali. Selain itu, karena penampilannya yang indah, jalak Bali pun sering diburu untuk dijual kepada para pecinta burung.

Harga seekor jalak Bali sangat mahal, dan banyak orang yang nekat memburu atau mencuri demi bisa mendapatkannya, meski status jalak Bali telah dilindungi pemerintah.

Kebiasaan jalak Bali yang suka hidup di tempat terbuka juga menjadikan mereka mudah ditangkap para pemburu.

Baca juga: Bagaimana Cara Ikan di Laut Mendapatkan Pasangan?

Related

Science 5713437517801894454

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item