Keunikan Axolotl, Hewan Air yang Bisa Hidup di Darat

Keunikan Axolotl, Hewan Air yang Bisa Hidup di Darat

Naviri Magazine - Axolotl dapat ditemukan di Danau Xochimilco dan Danau Chalco, di Meksiko. Belakangan, populasi mereka terancam akibat pembangunan yang dilakukan pada danau itu untuk mencegah banjir musiman, sehingga jumlah air di danau menyusut dan habitatnya terganggu.

Yang unik, hewan ini dapat bermetamorfosis, namun jika dalam keadaan terpaksa. Jika sumber air tempat mereka hidup mengering, mereka dapat bermetamorfosis ke bentuk hewan darat.

Bentuk darat axolotl mirip dengan bentuk larvanya, dengan perbedaan insang yang menghilang, ekor yang lebih ramping, dan mata yang tampak menonjol. Apabila sumber air tempat hidupnya telah kembali, mereka akan kembali ke wujudnya semula sebagai makhluk air.

Keunikan lain hewan ini adalah kemampuannya dalam menumbuhkan kembali anggota tubuh, semisal taring, kulit, organ, dan bagian dari otak dan tulang belakangnya, ketika terluka.

Baca juga: Axolotl, Hewan Mirip Ikan tapi Punya Tangan dan Kaki

Related

Science 5720308145750348969

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item