Axolotl, Hewan Mirip Ikan tapi Punya Tangan dan Kaki

Axolotl, Hewan Mirip Ikan tapi Punya Tangan dan Kaki

Naviri Magazine - Axolotl adalah tipe salamander yang bisa menghabiskan masa hidupnya dalam bentuk larva. Hewan eksotis ini kadang disebut juga “Mexican Walking Fish” karena terlihat seperti ikan yang memiliki tangan dan kaki. Namun, sebenarnya, Axolotl bukan sejenis ikan, melainkan sejenis salamander langka yang terdapat di Mexico City.

Panjang Axolotl bisa mencapai 30 sentimeter, namun rata-rata ukurannya hanya 15 sentimeter. Warna tubuh mereka rata-rata hitam atau cokelat, dan banyak juga yang albino dengan warna lucu semisal merah muda.

Hewan ini memiliki insang yang berada di luar tubuhnya, dan insang itu berada di samping kepala sehingga sepintas terlihat seperti tanduk.

Axolotl termasuk kadal yang memiliki umur panjang, karena dapat hidup hingga 10 sampai 15 tahun, dan dapat berkembang sampai sepanjang 60 sentimeter. Axolotl hidup di air, dan suka memakan ikan kecil, cacing, juga larva.

Hewan ini terkadang muncul ke permukaan air, tetapi ada juga yang hanya tinggal di dasar danau selama hidupnya.

Nama Axolotl diambil dari bahasa Aztec, yang berarti anjing air. Axolotl masih bersepupu dekat dengan tiger salamander. Axolotl digolongkan ke dalam salamander jenis berbahaya, karena dapat menyemburkan racun asin dari mulutnya. Namun, jika kelenjarnya dibuang dengan benar, hewan ini dapat dijadikan peliharaan.


Related

Science 294044610301938361

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item