Kisah Pahlawan Tak Dikenal dari Perang Dunia II

Kisah Pahlawan Tak Dikenal dari Perang Dunia II

Naviri Magazine - Pahlawan terbesar dalam Perang Dunia II adalah Michel Hollard, dan ia adalah penguasa tunggal yang memulai organisasi intelijen paling efisien di Prancis, bernama “Reseau Agir”, yang mempunyai 60 agen rahasia yang ditugaskan di tempat-tempat strategis di seluruh Prancis.

Ia sendiri yang mengumpulkan dan megirimkan informasi, dan sesama agen tidak saling mengenal. Ia kemudian menyusup ke Prancis melalui perbatasan Swiss, yang “mustahil” untuk dilintasi.

Karena ia tidak percaya dengan informasi militer secara pasti, sebelum tahun 1942 ia menyeberangi perbatasan yang paling sukar sebanyak 94 kali. Hollard adalah orang yang menemukan semua basis misil V1, beberapa bulan sebelum misil-misil itu selesai dibuat.

Misil-misil itu dibuat dengan sistem keselamatan yang ekstrem dan terukur, dibuat hanya dalam masa 4 bulan, dan tidak seorang pun dari tenaga kerja Jerman yang mengetahui tujuan instalasi tersebut. Tetapi Hollard berhasil menemukan semuanya, dan 44 basis misil tersebut dibom hingga hancur berkeping-keping, beberapa hari sebelum pekerjaan mereka selesai.

Basis-basis itu dibangun untuk mengirimkan 5.000 misil setiap bulan, dan akan menjadi 50.000 buah bom mengerikan sebelum D-Days (istilah untuk hari H pertempuran yang sesungguhnya, yakni 6 Juni 1944, ketika pasukan Sekutu mendarat di Normandy untuk menyerang Jerman yang menduduki Prancis) dan sedikitnya 20.000 misil akan menghantam London, namun akhirnya hanya menjadi 2.400 serangan secara keseluruhan.

Hollard ditangkap pada tahun 1944, disebabkan pengkhianatan seseorang. Ia disiksa oleh Gestapo, tapi dia tidak mengatakan apa pun. Dia dikirim ke Neuengamme, salah satu kamp konsentrasi yang paling buruk.

Tetapi Hollard melakukan balasan dengan menyembunyikan lebih dari 1.000 bagian senjata yang harus dirangkai kembali oleh para narapidana, dan ia kemudian berhasil selamat setelah tembak-menembak di kamp tersebut.

Baca juga: Kisah dan Asal Usul Pecahnya Perang Dunia I

Related

History 62319592725632293

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item