Mengapa Kupu-kupu Punya Warna-warni yang Indah?

Mengapa Kupu-kupu Punya Warna-warni yang Indah?

Naviri Magazine - Yang paling menarik dari kupu-kupu tentu sayapnya yang berwarna-warni. Seperti pelangi, warna-warni sayap kupu-kupu terlihat terang. Sebenarnya, sayap itu transparan. Namun, karena perbedaan kecerahan di setiap lapisan tipisnya, sayap kupu-kupu jadi terlihat berwarna-warni.

Sayap kupu-kupu—juga sayap ngengat—terlindungi oleh lapisan yang kedap air. Istilah ilmiahnya adalah lepidoptera, yang berarti sayap yang terlindungi lapisan kedap air. Masing-masing lapisan kedap air tersebut bisa dipenuhi warna, memberikan pola karakteristik pada kupu-kupu atau ngengat.

Pada beberapa jenis kupu-kupu—semisal kupu-kupu tropis yang mengkilap—warna mereka dihasilkan oleh susunan khusus dari lapisan sebanyak warna yang ada pada sayap kupu-kupu tersebut.

Mengapa ada lingkaran pada sayap kupu-kupu? 

Titik lingkaran kecil tidak hanya terdapat pada sayap kupu-kupu, tetapi juga pada sayap ngengat. Keberadaan titik yang bentuknya seperti mata itu berfungsi untuk mengelabui pemangsa yang menyangka kupu-kupu atau ngengat adalah hewan besar, sehingga tidak jadi mengusiknya.

Apabila kupu-kupu atau ngengat diserang oleh burung, misalnya, titik seperti mata pada sayap mereka akan lebih menarik bagi burung pemangsanya dibandingkan kepala dan tubuh.

Hal itu dapat menjadi penyelamat hidup mereka jika burung menyerang bagian itu terlebih dulu, sehingga kupu-kupu atau ngengat yang diserang itu hanya mengalami robek pada bagian sayap.

Baca juga: Lokus, Serangga dengan Kemampuan Merusak Paling Sangar 

Related

Science 4382705166188977727

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item