Tardigrada, Makhluk Aneh yang Tak Terlihat Mata Kita

 Tardigrada, Makhluk Aneh yang Tak Terlihat Mata Kita

Naviri Magazine - Hewan ini dijuluki beruang air. Namun, meski dijuluki beruang air, tardigrada sama sekali bukan beruang yang berbulu dan bertulang belakang. Tardigrada adalah hewan kecil, dengan ukuran bervariasi. Yang terkecil bisa kurang dari 0,1 milimeter, sedang yang terbesar hanya sekitar 1,5 milimeter. Karenanya, makhluk ini nyaris tak terlihat mata kita.

Tardigrada memiliki bentuk tubuh seperti ulat, dengan kepala di depan, dan empat segmen di belakangnya. Pada setiap segmen terdapat sepasang kaki yang bercakar di ujungnya.

Berdasarkan pengamatan pada bagian dalam tubuhnya, Tardigrada diketahui memiliki sistem organ yang sederhana. Mereka tidak memiliki sistem respirasi atau peredaran darah seperti hewan-hewan tingkat tinggi, dan sebagai gantinya mereka bernapas melalui kulit dan menggunakan tubuh gempalnya untuk memompa cairan tubuh.

Sistem pencernaan mereka juga sangat sederhana. Makanan yang sudah ditelan dialirkan ke saluran mirip usus untuk diserap, dan selanjutnya sisa-sisanya dibuang lewat anus.

Tardigrada pertama kali ditemukan oleh Johann August Ephraim Goezepada pada tahun 1773.  Sedangkan nama “Tardigrada” diberikan oleh Lazzaro Spallanzani pada tahun 1777, yang berarti “pejalan lambat”. Sedangkan julukan “beruang air” diberikan karena cara berjalan hewan ini seperti gerakan beruang saat berjalan dengan empat kaki.

Baca juga: Mengapa Kupu-kupu Punya Warna-warni yang Indah?

Related

Science 8128769762326016010

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item